pengukuran luas tanah - Cara Menentukan Ukuran Luas Tanah sebelum Konstruksi Dimulai

Cara Menentukan Ukuran Luas Tanah sebelum Konstruksi Dimulai

Diposting pada

Ukuran luas tanah sangat penting ditentukan sebelum memulai sebuah proyek. Baik proyek rumah, ruko, jalan, dan jembatan, mengetahui ukuran tanah merupakan hal wajib. Hal ini sangat penting terutama dalam perencanaan pembangunan dan penentuan kuantitas material.

Penentuan Ukuran Luas Tanah Yang Sering Digunakan

ukuran luas tanah

Pengambilan ukuran luas sebuah atanah dilakukan dengan berbagai cara. Baik tradisional maupun modern masih banyak digunakan saat ini. Umumnya, pita ukur atau fiberglass sering dgunakan untuk pengukuran. Untuk alat yang lebih modern, ada theodolit dan  GPS dengan tingkat akurasi yang lbeih baik.

Selain cara modern di atas, ada pula cara tradisonal untuk pengukuran tanah. Mereka menggunakan ukuran dengan tumbak. Sebagai pengetahuan, 1 ubin atau bata sama dengan 1 ru yang berarti 1 tumbak/ tombak.

Ru dipakai oleh orang di kawasan Jawa Tengah. Sedangkan ukuran dengan tumbak/ tombak dipakai oleh orang di kawasan Jawa Barat/ Sunda. Jika dikonversikan, maka 1 ru atau 1 tumbak sama dengan 14,1 meter persegi.

Jadi, penentujan ukuran tanah bisa memakai berbagai satuan. Hal ini tergantung dengan kebiasaan wilayah yang bersangkutan. Namun, ukuran meter persegi lebih dikenal secara umum di seluruh Indonesia. Hal ini juga memudahkan bagi pemborong atau kontrator dalam pembangunan rumah.

Alat Yang Sering Dipakai Untuk Pengukuran Tanah

pengukuran tanah

Beberapa alat ukur telah disinggung di atas. Namun agar lebih jelasnya, maka berikut ini penjabaran masing-masing alat ukur. Dengan mengetahui informasi ini, maka Anda bsia menentukan sendiri, alat ukur mana yang akan digunakan sebelum konstruksi dimulai :

  • Meteran sederhana => Alat ini sering disebut dengan pita ukur atau rol meter. Fungsinya adalah untuk mengukur panjang dan jarak. Pembacaan angka 0 adalah yang dibaca tepat diujung meteran.
  • Theodolit => Alat ukur ini sering dipakai surveyor. Harganya cukup mahal dengan cara kerja yang modern. Hasilnya pun lebih akurat dibandingkan dengan alat ukur lainnya. Alat ini termasuk alat ukur optik yang bsia pula mengukur tinggi tanag dan sudut.
  • Total station => Sebagai pengembangan dari produk theodolit, maka ada total station. Alat elektronik ini dilengkapi dengan pengukuran jarak dan sudut secara elektroik. Total station dihubungkan dengan komputer untuk hasil yang lebih optimal dan akurat.
  • GPS (Global Posotioning System) => GPS sendiri merupakan satu sistem yang terdiri dari konstelasi satelit radio navigasi dan sehmen kontrol tanah. Salah satu fungsinya adalah untuk survey pemetaan.

Tips Mengukur Tanah Sebelum Untuk Perancanaan Konstruksi

alat ukur tanah

Sebelum konstruksi dimulai, hal wajib yang dilakukan adalah melakukan pengukuran tanah. Hal ini bisa dilakukan sendiri maupun oleh para ahli dari pemborong maupun kontraktor. Sebagai tips, beberapa hal ini bisa diterapkan untuk memperoleh hasil pengukuran yang akurat :

  • Lihat dulu lokasi tanah dan kondisi lingkungannya => Lokasi tanah bisa menentukan kondisi dan kualitas konstruksi nantinya. Pasalnya, konstruksi yang da di perbukitan tentu berbeda dengan di dekat jalan raya.  Perhatikan pula letak pohon, letak rumah tetangga dan lainnya.
  • Perhatikan elevasinya juga => Ukuran tanah harus ditentukan dengan teliti termasuk lebar tanah untuk area depan dan belakang. Selain itu, eprhitungkan pula panjang tanah sisi kiri dan kanan serta elevasi tanah dari jalan.
  • Kondisi tanah => Kondisi tanah ini berkenaan dengan pondasi bangunan yang akan diterapkan. Benda-benda yang ada di atanh juga akan mempengaruhi konstruksi nantinya. Jadi, dalam pengukuran, perhatikan pula kondisi dan detail tanahnya.

Bebersapa hal di atas sangat penting untuk penetapan ukuran luas tanah. Hal lainnya yang tak kalah penting ialah mengambil foto tanah dan memperhatikan kondisi sosial masyarakat setempat sebelum mendirikan bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *