cover2 1 - Tesla, Mobil Listrik Dan Keunggulannya

Tesla, Mobil Listrik Dan Keunggulannya

Diposting pada

Perkembangan dunia otomotif yang makin meningkat dengan pesat ternyata memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya adalah inovasi dan teknologi yang diciptakan oleh Tesla Motors yang telah menciptakan beberapa produk terbarunya yang berupa mobil listrik. Di Indonesia sendiri konsumen otomotif bakal segera merasakan ketangguhan mobil ini beberapa saat lagi karena mobil ini akan resmi mengaspal di jalanan tanah air melalui distributor resmi yaitu Prestige Image Motorcars pada tahun 2015 ini. Diketahui mobil listrik ini memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan mobil konvensional.

Tesla Motor

mobil listri

Tesla motor merupakan perusahaan automotive yang khusus memproduksi mobil sport elektrik (mobil sport dengan tenaga baterai) yang berkecepatan dan bertorsi tinggi. Perusahaan ini didirikan oleh 2 orang insinyur–otomotif pada bulan Juli 2003. perusahaan ini dinamakan tesla motor sebagai penghargaan kepada nikola tesla yang merupakans seoran insinyur dan fisikawan. yang menjadi penemu konsep motor induksi medan-magnetik (Sekadar informasi, satuan medan magnetik dalam Fisika adalah Tesla atau Wb/m2, sebagai bentuk penghargaan lain kepada Nikola Tesla). Ini terbukti pada mesin utama Tesla Roadster yang menggunakan motor induksi-AC (Alternating Current atau Arus Listrik Bolak-Balik) 3-fase, buatan Tesla sendiri.

Mobil Pertama Tesla

mobil listrik

Mobil seri-pertama buatan Tesla Motors, Tesla Roadster, adalah mobil sport pertama yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Berdasarkan hasil uji dari EPA, mobil ini dapat menempuh jarak sekitar 221 mil (356 km) dalam sekali pengisian baterai. Tesla Roadster dapat menempuh 0-60 mil per jam (0-100 km/jam) dalam waktu kurang dari 4 detik, dan memiliki kecepatan maksimum 125 mil per jam (201 km/jam). Pembatasan kecepatan maksimum yang hanya sampai 201 km/jam (tergolong rendah di kelas mobil sport yang standar kecepatan maksimumnya bisa mencapai di atas 300 km/jam) ini dilakukan demi keamanan. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengendarai mobil ini hanya sekitar US$0,02 per mil.

Keunggulan Tesla

mobil listrik

Pemeliharaan mobil ini diklaim sangat irit biaya. Tidak ada penggantian oli, dan biaya pemeliharaan sistem rem pun juga irit biaya (Bandingkan dengan mobil bermesin bensin, penggantian oli, minyak rem, dan air radiator mutlak diperlukan untuk pemeliharaannya). Penghematan biaya perawatan sistem rem ini utamanya terjadi karena sistem regenerative braking yang diterapkan pada mobil ini (begitu juga pada mobil-listrik lainnya). Sistem regenerative braking ini adalah sistem pengereman yang unik dan menguntungkan. Saat pedal gasnya dilepas sedikit, mesin akan mengambil energi dari perlambatan laju mobil untuk mengisi baterai. Ini membuat pedal rem tidak begitu perlu diinjak untuk memperlambat laju mobil ini. Hanya dengan melepas pedal gasnya, perlambatan-otomatis yang dilakukan mobil ini kurang lebih sama dengan perlambatan saat pedal rem pada mobil-bensin biasa, diinjak oleh pengendaranya (Selain itu, pemakaian tenaga baterai menjadi lebih irit). Transmisinya hanya bergigi dua (Persnelingnya terdiri dari N/Gigi Netral, Gigi 1, dan Gigi 2), namun akselerasi (daya laju)-nya cukup cepat.

Berbeda dengan mobil bermesin konvensional yang membutuhkan pergantian oli secara berkala dan mengharuskan pemilik untuk melakukan perawatan teknikal mesin yang juga secara berkala dan harus dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman. Maka mobil listrik tesla ini ternyata tidak memerlukan perawatan yang begitu pelik seperti mobil konvensional.

Bahkan dikatakan oleh pihak distributor resmi Tesla Indonesia bahwa karena mobil listrik Tesla ini tidak perlu mengganti oli maka ketika terjadi kerusakan mobil ini akan memberikan sinyal dan informasi ke sistem Online yang mana dapat mengetahui kerusakan serta melakukan kalibrasi secara otomatis dengan software yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *