tanaman hortikultura

Ciri dan Jenis Tanaman Holtikultura

Diposting pada

Apakah tanaman hortikultura itu? Bagi mereka yang berkecimpung di dunia pertanian, tanaman horticultura tentu tak asing lagi di telinga. Jenis tanaman ini merupakan tanaman yang dibudidayakan di kebun ataupun pekarangan. Bisa juga dikembangkan di lahan yang sempit. Tanaman hortikultura banyak ditanam di rumah-rumah dan memberikan banyak manfaat.

Jenis tanaman ini bisa ditanam untuk keperluan konsumsi sendiri di rumah atau bisa juga untuk dijual. Dengan dijual, Anda juga akan mendapatkan untung dari hasil penjualan tersebut.

Ciri-ciri Tanaman Holtikultura

Holtikultura

Sebelum mengenal jenis-jenis tanaman holtikultura, tak ada salahnya jika Anda mengenal ciri-ciri dari tanaman holtikultura terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah beberapa cirinya.

  • Ada beberapa jenis tanaman holtikultura yang hanya cocok di tanam di beberapa daerah saja. Sebagai contoh adalah jeruk bali, nanas palembang, markisan medan dan lain sebagainya.
  • Produksi tanaman yang hanya terjadi beberapa bulan dalam setahun. Beberapa contohnya adalah rambutan, durian dan jenis buah yang lain. Meski demikian, ada juga yang bersifat tahunan.
  • Naik turunnya harga sesuai dengan ada tidaknya panen dari tanaman tersebut

Jika Anda menemukan tanaman dengan ciri-ciri di atas, maka bisa jadi tanaman tersebut adalah tanaman holtikultura. Jenis tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi para petani yang membudidayakannya.

Jenis Tanaman Holtikultura untuk di Tanam di Rumah

Ciri-ciri Tanaman

Kita mengenal beberapa jenis tanaman holtikultura yang dimanfaatkan untuk berbagi hal. Adapun ragam jenis tanaman holtikultura antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bawang: jenis tanaman holtikultura yang pertama adalah jenis bawang-bawangan. Ada beberapa jenis bawang yang kita kenal seperti halnya bawang merah dan bawang putih. Jenis tanaman bawang cocok untuk dikembangkan di daerah dengan iklim yang kering serta bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Cabai: jenis tanaman holtikultura yang selanjutnya adalah cabai. Bagi Anda yang terganggu dengan kenaikan harga cabai, tak ada salahnya untuk menanam tanaman ini di rumah. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya saat diperlkan. Apalagi, Anda tak memerlukan lahan yang luas untuk menanam jenis tanaman yang satu ini.
  • Sawi: ada juga jenis tanaman sawi yang banyak digemari karena enak untuk dibuat berbagai jenis masakan dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Tanaman sawi cocok dengan cuaca serta kondisi tanah di Indonesia. Cara menanam sawi juga cukup mudah dilakukan. Meski demikian, Anda tetap harus memeliharanya dengan baik.
  • Lidah buaya: selanjutnya adalah lidah buaya dengan banyak khasiat dan pemanfaatan yang beragam. Lidah buaya juga mudah untuk ditanam di rumah dengan perawatan yang minim. Penggunaan lidah buaya bisa dijadikan sebagai perawatan untuk kecantikan ataupun hal yang lainnya.
  • Kangkung: tanaman holtikultura yang bisa ditanam di rumah selanjutnya adalah kangkung. Jenis tanaman yang satu ini bisa ditanam dengan cara hidroponik dan hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk dipanen. Pilih pupuk yang tepat untuk mendapatkan hasil panen yang bagus dan banyak.
  • Tomat: tomat juga bisa ditanam sendiri di rumah. Tanaman yang satu ini menghasilkan buah tomat dengan banyak sekali kelebihan. Di dalam tomat terdapat ragam nutrisi yang bagus untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Selain dimasak, Anda juga bisa menjadikannya sebagai bahan pembuatan jus. Pilih sendiri cara pengolahannya.

Ada banyak sekali jenis tanaman holtikultura yang bisa Anda tanam di rumah. Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan sendiri atau bisa juga dijual untuk mendapatkan keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *