sistem pertanian terpadu

Manfaat dan Ciri Sistem Pertanian Terpadu

Diposting pada

Sistem pertanian terpadu adalah pengintegrasian kegiatan pertanian dengan kegiatan lain seperti peternakan dan perikanan. Dalam hal ini, pertanian dilakukan dengan cara memanfaatkan lahan guna menghasilkan beberapa produk dan bukan hanya tanaman budidaya saja. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas lahan serta pendapatan para petani.

Dengan menggunakan sistem pertanian ini, akan ada pengikatan bahan organik yang ada di dalam tanah dan membuat penyerapan karbon menjadi lebih bisa diminimalisir.

Ciri Sistem Pertanian Terpadu

pengertian sistem terpadu

Pertanian terpadu dilakukan dengan cara menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di dalam sistem. Alhasil, unsur hara dan nutrisi bisa terjaga dan tetap seimbang. Dengan adanya keseimbangan yang baik, produktivitas juga bisa didapatkan dengan baik secara berkelanjutan.

Adapun ciri dari sistem pertanian terpadu, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dilakukan secara mandiri ==> sistem pertanian terpadu bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus tergantung pada asupan yang ada di luar sistem. Sistem pertanian ini mengedepankan penggunaan anggaran demi menjalankan produksi dengan hasil yang melimpah dan berkelanjutan.
  • Dapat dimonitoring dengan mudah ==> ciri lainnya adalah bisa dimonitoring dengan mudah. Sistem pertanian yang satu ini bisa dimonitoring dan bisa dilakukan evaluasi pada tiap tahapannya. Dengan demikian, petani juga akan dimudahkan dalam menjalankan sistem pertanian yang dipilih dan dilakukan.
  • Pengelolaan dilakukan secara meluas ==> pertanian dengan sistem terpadu dilakukan secara menyeluruh dengan mempertimbangkan aspek lingkungan dan ekonomi. Sistem pertanian ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam berbagai masalah yang berkaitan dengan pertanian, dimana salah satunya adalah masalah pangan.
  • Beriorientasi pada berbagai aspek kehidupan ==> sistem pertanian terpadu berorientasi pada produktivitas, keberlanjutan serta efisiensi yang menguntungkan secara ekonomi.

Dengan adanya sistem pertanian ini, diharapkan dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan juga papan.

Manfaat Menggunakan Sistem Pertanian Terpadu

sistem terpadu untuk pertanian

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan sistem pertanian ini. Sistem pertanian yang satu ini bisa lebih hemat energi hingga meningkatkan penghasilan petani. Dalam sistem pertanian terkait, diversifikasi tanaman dan polikultur sangatlah diperhatikan.

Dalam mewujudkan sistem pertanian menarik satu ini, petani bisa menanam padi sekaligus beternak kambing ataupun sapi. Adapun kotoran dari hewan ternak yang dihasilkan bisa dijadikan sebagai pupuk untuk membuat tanaman menjadi lebih subur sehingga tak perlu diberi pupuk lagi.

Ketika hasil bercocok tanam berkurang atau bahkan gagal panen, petani masih bisa menjual telur ataupun daging ternak. Petani juga masih bisa menjual kambing atau sapi yang diternak sebagai sumber pendapatan.

Contoh Pertanian Terpadu

perlunya sistem pertanian

Ada beberapa contoh dari bentuk pertanian terpadu, seperti yang berikut ini:

  • Mina padi ==> Pertanian yang satu ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan sistem budidaya tanaman dan peternakan dengan cara memanfaatkan sistem perairan. Petani bisa membudidayakan tanaman padi di lingkungan yang lebih banyak air dan dikombinasikan dengan peternakan itik yang juga menyukai air.
  • Agroforestry ==> dikenal juga dengan wanatani yaitu menanam pepohonan di lahan untuk bertani. Tujuan dari kombinasi ini adalah untuk menjaga kelangsungan ekologi, ekonomi dan sosial. Agroforestry juga mirip dengan budidaya tumpeng sari yang dilakukan dengan jenis tanaman berbeda-beda.

Ada banyak kelebihan dalam menggunakan sistem pertanian ini. Pertanian terpadu dilakukan dengan cara memanfaatkan potensi energi yang ada sehingga produk pertanian bisa dipanen secara seimbang. Melalui sistem pertanian terpadu diharapkan agar kebutuhan jangka pendek, menengah dan jangka panjang para petani bisa lebih dicukupi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *