pupuk pertanian organik - Manfaat Pupuk Organik dan Cara Membuatnya

Manfaat Pupuk Organik dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Ada banyak sekali manfaat pupuk organik untuk pertanian. Pupuk sendiri didapat dari materi makhluk hidup mulai dari pelapukan sisa-sisa tanaman dan juga hewan. Pupuk organik bisa berbentuk cair hingga padat dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Pupuk organik bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan dan alat pembuatan yang sederhana. Meski demikian, Anda juga bisa mendapatkannya dengan cara membeli langsung di pasaran.

Manfaat Pupuk Organik untuk Pertanian

pembuatan pupuk organik

Hingga saat ini, pupuk jenis ini telah banyak digunakan oleh para petani. Hal ini tidak lepas dari ragam manfaatnya, seperti yang berikut ini.

  • Meningkatkan daya simpan air ==> air yang didapat kemudian di simpan ke dalam pori-pori lalu dikeluarkan saat tanaman membutuhkannya. Air sendiri memiliki manfaat untuk mempertahankan kelembapan tanah sehingga terhindar dari yang namanya kekeringan.
  • Meningkatkan kapasitas dari tukar kation ==> pupuk ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas dari tukar kation. Dengan material organik yang tinggi maka kapasitas dari tukar kation tanah juga akan meningkat.
  • Memperbaiki struktur tanah ==> pupuk juga berguna untuk memperbaiki struktur tanah. Penggunaan jenis pupuk ini bisa merekatkan tanah berpasir yang gembur hingga menggemburkan lempung yang solid. Pupuk organik juga bisa memberikan pori-pori tanah menjadi lebih gembur, sehingga bagus untuk pertanian.
  • Sumber nutrisi bagi tanaman ==> pupuk ini memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk organik memiliki bahan baku yang cukup lengkap dan mengandung unsur hara.
  • Meningkatkan aktivitas biologis tanah ==> jenis pupuk kompos memiliki kandungan mikroorganisme dekomposer yang bagus untuk tanah. Adapun aktivitas dari biota tanah ini bisa memberikan nutrisi penting dan dapat diserap oleh tanaman secara lebih efektif.

Dengan banyaknya manfaat dari pupuk organik di atas, maka tak ada salahnya untuk mempertimbangkan penggunaan dari jenis pupuk yang satu ini.

Cara Membuat Pupuk Organik

cara membuat pupuk

Tertarik membuat pupuk alami? Anda bisa siapkan dulu sarung tangan dan wadah dengan ukuran yang besar lengkap dengan penutup. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan tong dan ember. Siapkan juga bahan yang diperlukan lainnya seperti air, tanah dan sampah. Sedangkan untuk langkah pembuatan, bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Jika alat dan bahan sudah disiapkan, Anda tinggal melakukan langkah berikutnya yaitu dengan memisahkan sampah organik yang didapat dari sisa makanan ataupun dedaunan.
  • Ambil wadah dengan ukuran besar guna pembuatan pupuk dengan jenis kompos. Wadah harus dilengkapi dengan penutup supaya tidak mendapat kontaminasi dari luar
  • Masukkan tanah ke dalam wadah yang sebelumnya telah diisi dengan sampah organik.
  • Siram permukaan tanah menggunakan air secukupnya saja
  • Masukkan sampah organik yang sudah Anda disiapkan ke dalam wadah. Adapun ketebalan dari sampah sebaiknya setara dengan ketebalan dari tanah
  • Masukkan lagi tanah sebagai penutup sampah.
  • Jika sudah, Anda bisa menutup wadah dengan rapat. Tunggu sekitar 3 minggu
  • Pastikan jika wadah dari pupuk organik yang dibuat tidak terkena cahaya matahari dan juga air hujan

Pupuk alami Nasa bisa Anda pilih jika tak ingin repot dalam pembuatan jenis pupuk terkait. Selain itu, ada juga pestisida organik nasa yang berperan dalam menghalau hama pertanian. Pupuk organik sendiri memiliki banyak kelebihan dimana salah satunya adalah untuk meningkatkan produktivitas dari tanaman. Dalam hal ini, tentu petani akan diuntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *