Pupuk kompus warga - Jenis-jenis Pupuk Kompos dan Manfaaatnya

Jenis-jenis Pupuk Kompos dan Manfaaatnya

Diposting pada

Pupuk kompos merupakan salah satu jenis pupuk organik yang biasa digunakan untuk pertanian. Jenis pupuk yang satu ini dibuat dengan cara menguraikan sisa tanaman dan hewan menggunakan bantuan dari organisme hidup. Dalam pembuatan pupuk kompos, diperlukan beberapa bahan baku yang berupa material organik dan organisme pengurai.

Diberi nama pupuk kompos adalah karena dalam proses pembuatannya menggunakan proses pengomposan. Dalam prosesnya, akan terjadi penguraian bahan organik secara biologis. Pemberian pupuk kompos sendiri dianggap lebih baik untuk tanah dibandingkan dengan penggunaan jenis pupuk bukan organik.

Jenis-jenis Pupuk Kompos

jenis pupuk kompos

Ada beberapa jenis kompos yang beredar di pasaran dan dibeli sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kompos tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Vermikompos ==> kompos yang pertama adalah vermikompos. Pupuk yang satu ini memanfaatkan makroorganisme dalam pembuatannya. Jenis makroorganisme yang digunakan adalah cacing tanah. Langkah pembuatan dilakukan dengan memberikan bahan organik kepada jenis hewan lalu dimanfaatkan kotorannya.
  • Kompos aerob ==> adalah kompos aerob yang dibuat dengan bahan baku sisa tanaman serta kotoran hewan. Bisa juga dibuat dengan cara mencampurkan keduanya. Proses pembuatan pupuk ini bisa memakan waktu dari 40 sampai dengan 50 hari. Lama waktu pembuatan tergantung dari jenis dekomposer.
  • Pupuk bokasi ==> salah satu jenis pupuk yang cukup populer di kalangan para petani. Adapun ciri khas dari jenis pupuk yang satu ini adalah jenis inokulan sebagai starter-nya yakni efektif mikroorganisme.
  • Pupuk organik cair ==> pupuk yang satu ini merupakan kompos yang dibuat dengan cara pengomposan basah. Pupuk ini banyak dibuat karena dianggap lebih mudah untuk diserap oleh tanaman.

Anda bisa menggunakan beragam pupuk di atas sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan dosisnya untuk hasil yang optimal.

Manfaat menggunakan Pupuk Kompos

cara membuat pupuk kompos

Pupuk kompos merupakan salah satu pupuk yang termasuk ke dalam jenis pupuk organik. Jenis pupuk yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk segala jenis tanaman. Bisa digunakan untuk tanaman pertanian, tanaman hias hingga tanaman pangan. Bisa juga diaplikasikan untuk jenis tanaman perkebunan.

Anda bisa menaburkan kompos di atas permukaan tanah sehingga sifat tanah akan bisa lebih ditingkatkan lagi.

Salah satu manfaat dari pupuk ini bisa dilihat dari tingkat kesuburan. Pupuk yang satu ini bagus dalam meningkatkan kesuburan tanah sekaligus menyediakan unsur hara mineral yang seimbang sehingga bisa diserap oleh tumbuhan.

Manfaat lainnya adalah dilihat dari segi struktur tanah. Penggunaan pupuk ini bagus dalam memperbaiki struktur, tata udara di dalam tanah hingga drainase. Beberapa manfaat lainnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Berguna untuk menekan pertumbuhan dari penyakit yang mengurangi tingkat produksi tanaman
  • Meningkatkan aktivitas mikroba yang ada di dalam tanah
  • Meningkatkan hasil produksi sehingga dapat menguntungkan bagi para petani
  • Menyediakan hormon serta vitamin bagi tumbuhan
  • Meningkatkan kesuburan tanah
  • Meningkatkan kapasitas serap dari air tanah
  • Hingga meningkatkan retensi atau ketersediaan hara yang ada di dalam tanah

Selain itu masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari penggunaan pupuk kompos. Jika tak ingin ribet dalam pembuatan kompos karena harus dilakukan sendiri, Anda juga bisa membeli pupuk organik nasa yang dijual di pasaran. Lengkapi juga dengan pestisida organik nasa untuk mengendalikan hama yang mengganggu tanaman di ladang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *