Pulau komodo yang unik - Sejarah Pulau Komodo dan Berbagai Aktifitas Seru Bagi Para Wisatawan

Sejarah Pulau Komodo dan Berbagai Aktifitas Seru Bagi Para Wisatawan

Diposting pada

Bagi Anda yang mengaku dirinya sebagai penjelajah pantai, tentu tak asing dengan sebuah tempat bernama Pulau Komodo, bukan? Pulau ini merupakan pulau yang unik karena masuk kedalam tempat atau habitat asli hewan purba kadal raksasa, komodo. Di sini, terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup secara bebas. Di sana pula, Anda dapat enyaksikan penampak hewan purba tersebut.

Pulau yang satu ini pernah meraih penghargaan sebagai New 7 Wonders of Nature, atau satu dari 7 wisata alam terbaik di dunia yang ditentukan oleh voting serta penelitian para ahli. Tahun 1986, UNESCO juga menetapkan pulau ini berseta pulau lainnya di kawasan Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia.

Pulau Komodo dan Sejarahnya

pulau komodo yang mendunia

Pulau Komodo ini sendiri secara administratif masuk ke dalam daerah di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Awal ditemukannya pulau ini berawal dari seorang Balanda yang diduga menemukan hewan besar yang menyerupai naga, Letnan Steyn van Hens Broek. Kemudian, ia lantas membunuh hewan tersebut dan membawa seluruh dokumentasinya ke Bogor di Museum Botanical Garden untuk bisa diteliti.

Di duga pula bahwa keberadaan komodo sudah ada di Asia sejak 40 juta tahun silam. Kemudian hewan bermarga varanus ini bermigrasi ke Australia, yang selanjutnya bergerak ke arah sebuah wilayah (Indonesia) karena proses pertemuan lempeng Autralia dan Asia Tenggara. Hewan ini akhirnya diyakini sebagai hasil revolusi dari Australia yang memulai penyebarannya hingga ke bagian timur Indonesia.

Berbagai Aktivitas yang Dapat Dilakukan di  Pulau Komodo

pulau komodo

Tidak hanya untuk melihat kehidupan spesies komodo yang ada, ada beberapa hal lain yang tak kalah menyenangkan yang bisa di lakukakn di Pulau Komodo, di antaranya:

1. Menyelam dan Snokeling di Pulau Komodo

Terkenal dengan keindahan alamnya, terutama lautnya, pulau Komodo bisa dijadikan tempat menyelam dan snorkeling bagi Anda yang senang dengan aktivitas tersebut.  Pulau ini menawarkan berbagai keindahan alam bawah lautnya. Di sana, terdapat sekitar 70 jenis bunga karang, 386 jenis terumbu karang, dan berbagai jenis rumput laut sebagai penunjang kehidupan spesies laut lainnya seperti jenis-jenis ikan, paus, penyu hijau, hiu, lumba-lumba, dan yang lainnya.

Alam bawah laut pulau tersebut dijuluki sebagai salah satu dari sekian banyak lokasi menyelam terbaik di dunia. Ketika Anda melakukan kegiatan menyelam di sini, Anda akan takjub karena bisa menyaksikan secara langsung aneka biota laut yang begitu beragam.

2. Trekking di Pulau Komodo

Selain binatang komodo, terdapat hewan lain yang ada di pulau ini. Satu lagi cara untuk dapat menikmati keberadan di pulau ini adalah dengan cara trekking. Ketika melakukannya, Anda dapat melakukan pendakian ke Gunung Ara dengan ketinggian 53b mdpl (meter di atas permukaan laut). Selain itu, Anda akan melintasi Water Hole di mana merupakan tempat istirahat para komodo.

Terdpapat 4 jalur yang dapat dipilh untuk melukakn kegiatan trekking ini. MUlai dari shot, medium, long, hingga adventure. Jalur trekking tersebut panjangnya bisa sampai 1-8 kilometer. Apabila Anda memilih jalur adventure, Anda akan bertemu dengan hutan pulau setempat, perbukitan, dan sungai yang begitu indah. Nemun, jika Anda memilih jalur short trekking di pulau komodo tersebut, perjalanan Anda akan berakhir di perbukitan. Di sana, akan ada pemandangan teluk yang dapat Anda lihat di atas perbukitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *