Percetakan dan digital printing

Sejarah dan Ragam Produk Digital Printing serta Percetakan

Diposting pada

Percetakan dan digital printing merupakan pembuatan gambar yang berbasis digital. Biasanya, gambar dibuat ke dalam bentuk file, untuk kemudian dicetak di berbagai media. Digital printing sendiri merupakan perkembangan dari metode konvensional yang mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Sejarah dan Awal Mula Percetakan dan Digital Printing

Percetakan dan digital printing

Pada awalnya, digital printing press mulai dikenal pada tahun 1993. Gagasan tersebut lantas mengalami perkembangan dengan semakin majunya teknologi komputer. Meski digital printing terbilang suatu yang dianggap rumit pada awalnya, namun, Xerox memiliki peran yang besar dalam mempermudah prosesnya.

Berbeda dengan metode percetakan, digital printing press bisa digunakan untuk mencetak gambar yang berbeda untuk setiap halamannya. Hingga sampai sekarang, percetakan serta digital printing mengalami perkembangan yang begitu pesat dengan desain serta bahan pembuatan yang beragam.

Berbagai Jenis Produk Digital Printing

Percetakan dan digital printing

Hingga sekarang, percetakan serta digital printing memiliki beragam produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dari para pemesan. Beberapa produk yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Screen Digital Printing => Disebut juga dengan nama sablon digital. Sablon digital ini biasanya digunakan untuk mencetak gambar atau kata pada kain kaos. Dibandingkan dengan sablon konvensional, penggunaan sablon digital, dianggap lebih menarik dan bagus.
  • Mug => Ada juga mug atau keramik printing. Percetakan yang satu ini mampu menghasilkan cetakan gambar dengan medianya yang berupa mug dan juga keramik. Gambar yang bisa dicetak di mug atau keramik ini cukup beragam dan tentunya bisa dipilih sesuai keperluan.
  • Large Format Digital Printing => Biasanya digunakan untuk mencetak beragam media yang digunakan untuk promosi dan yang lainnya. Beberapa diantaranya adalah spanduk, umbul-umbul, billboard, baliho, sticker vinyl, dan ragam produk yang lain.
  • Digital Offset Printing => Percetakan serta digital printing yang selanjutnya berguan untuk mencetak art paper, fancy, ivory, matte paper, duplek, dan yang lainnya. Cocok bagi Anda yang ingin melakukan pencetakan dalam jumlah yang sedikit atau satuan.

Selain beberapa produk di atas, tentu masih banyak lagi ragam produk yang dihasilkan dari percetakan serta digital printing.

Tips Mencari Lokasi Digital Printing

Percetakan dan digital printing

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lokasi digital printing tentu tak boleh dipilih secara sembarangan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam mencari tempat percetakan atau digital printing.

  • Tinggalkan catatan => Tips yang pertama adalah dengan meninggalkan catatan, supaya hasil cetakan yang Anda dapatkan lebih maksimal dan bagus. Anda bisa menuliskannya di atas kertas, agar hasil cetakan nanti sesuai dengan apa yang Anda harapkan.
  • Harga yang ditawarkan => Tips yang selanjutnya adalah dengan memilih lokasi yang menawarkan harga bersahabat. Sesuaikan dengan keperluan dan isi kantong Anda. Meski demikian, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, namun perhatikan juga kualitas yang ditawarkannya.
  • Tingkat kepercayaan pelanggan => Penting juga untuk melihat bagaimana tingkat kepercayaan pelanggan terhadap lokasi percetakan tersebut. Pilihlah lokasi yang mampu melayani pelanggan dengan baik dan pastinya ramah. Tidak sekedar menerima pesanan, namun juga mampu memberikan kualitas terbaiknya.

Selain beberapa tips memilih percetakan dan digital printing di atas, Anda juga bisa mencari lokasi yang menyediakan garansi untuk tiap pemesanan yang dilakukan. Dengan adanya garansi, Anda tentu bisa lebih tenang saat ada produk yang dibuat tidak sesuai harapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *