pengertian pupuk

Bagaimana Pengertian Pupuk dan Kenapa Sangat Penting Bagi Tumbuhan?

Diposting pada

Pengertian pupuk adalah material yang ditambahkan pada tanaman supaya tanaman bisa berproduksi dengan baik. Jenis material sendiri ada yang berupa organik dan juga pupuk non-organik.

Pupuk organik berasal dari materi makhluk hidup seperti halnya sisa tanaman dan hewan. Sedangkan, anorganik adalah pupuk kimia yang dihasilkan dari olahan pabrik. Beberapa petani memilih untuk meninggalkan pupuk anorganik karena bisa menurunkan kesuburan tanah hingga merusak ekosistem yang ada.

Apa Itu Pengertian Pupuk dan Sejarah Asal-Usulnya

Pengertian pupuk dan sejarahnya

Setelah mengetahui deskripsi pupuk di atas, maka tak ada salahnya jika Anda mengenal sejarah singkat dari penggunaan pupuk. Untuk jenis pupuk organik, mulai digunakan kira-kira 5.000 tahun yang lalu. Dulunya, petani menggunakan pupuk yang berasal dari sayur-sayuran, ikan, tulang atau bahkan sisa makanan yang lain.

Awalnya mereka tak sengaja melakukan hal tersebut. Namun setelah diamati, tanaman mereka justru bertambah subur saat diberi sisa makanan. Akhirnya, mereka mulai belajar dan melakukan hal yang sama untuk menyuburkan tanaman. Penggunaan pupuk organik di Indonesia sendiri telah lama dilakukan oleh para petani di dalam negeri.

Masyarakat Indonesia bahkan, telah mengenal pupuk organik sebelum gebrakan revolusi hijau yang melanda Indonesia pada tahun 1990an. Sayangnya, karena menganggap pupuk anorganik lebih murah, banyak masyarakat yang mulai menggunakan pupuk anorganik. Hal ini justru menimbulkan kemerosotan tanah hingga tingkat ketergantungan pupuk yang semakin tinggi.

Dibandingkan dengan pupuk organik, penggunaan pupuk anorganik merupakan hal yang sebaiknya dipertimbangkan terlebih dulu. Selain karena menganggu tingkat kesuburan tanah, tanaman juga bisa terkontaminasi oleh zat kimia yang dihasilkan oleh zat kimia dari pupuk yang digunakan.

Penggunaan pupuk anorganik yang mempengaruhi kontur tanah memang sebaiknya diperhatikan. Apalagi, hal ini bisa mempengaruhi tingkat produktivitas tanah kedepannya yang mana bisa menimbulkan kemerosotan angka dari hasil panen. Sebagai petani, tentu Anda tak ingin merugi bukan?

Kenapa Pupuk Sangat Penting bagi Tumbuhan?

Pengertian pupuk dan manfaatnya

Selain mengetahui sejarah pupuk, penting juga untuk tahu manfaatnya bagi tumbuhan. Adapun beberapa manfaat pupuk antara lain adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan hasil produksi => pupuk bagus untuk meningkatkan hasil produksi. Hal ini tidak lepas dari kandungan pupuk yang bisa meningkatkan kadar hara di dalam tanah sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur. Dengan catatan, penggunaan pupuk sesuai dengan jenis tumbuhan yang ditanam.
  • Mempercepat pertumbuhan => penggunaan pupuk juga bisa mempercepat pertumbuhan dari tanaman. Tumbuhan akan tumbuh dengan baik jika diberikan jenis pupuk yang tepat. Berbeda dengan tanaman tanpa pupuk yang terkadang memiliki pertumbuhan lambat.
  • Tahan terhadap serangan hama => penggunaan pupuk bisa membuat tanaman menjadi lebih kebal terhadap serangan hama. Dengan demikian, tanaman akan terhindar dari yang namanya layu atau bahkan mati lantaran diserang hama yang cukup beragam.

Penggunaan pupuk memang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Pupuk memiliki peran yang cukup besar dalam merangsang pertumbuhan batang, daun dan juga akar dari tumbuhan. Jadi tidak heran jika penggunaan pupuk yang tepat bisa menjadikan tanaman lebih rimbun dan nampak segar.

Pengertian pupuk dan manfaatnya memang sebaiknya diketahui oleh petani. Dengan demikian, petani bisa memilih jenis pupuk yang tepat bagi jenis tanaman yang ia tanam. Namun ingat, tak semua jenis pupuk cocok untuk digunakan pada suatu daerah tertentu. Anda harus tahu jika beda tanah maka bisa beda juga tingkat kecocokan pupuknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *