pengertian kon dan kons - perbedaan istilah arti kontraktor dan konstruksi pada bangunan

perbedaan istilah arti kontraktor dan konstruksi pada bangunan

Diposting pada

Pengertian kontraktor dan konstruksi merupakan hal yang perlu dipahami di dalam dunia pembangunan. Keduanya memiliki keterikatan antara satu dengan yang lain serta tak dapat dipisahkan.

Apa itu Pengertian Kontraktor dan Konstruksi

pengertian kontraktor dan kontruksi adhyaksa

Lantas apa pengertian dari kontraktor dan konstruksi yang seringkali ditemui di dalam dunia pembangunan? Berikut ulasannya.

  • Kontruksi ==> kontruksi merupakan bangunan atau satuan infrastruktur yang terdapat di sebuah area pada beberapa lokasi. Ia merupakan keseluruhan bangunan yang terdiri dari bangaun struktur. Beberapa contoh kontruksi antara lain adalah kontruksi jembatan, rumah, kontruksi jalan raya, kontruksi kapal dan lain sebagainya.
  • Kontraktor ==> sedangkan kontraktor adalah badan hukum yang disewa untuk menjalankan pekerjaan dari pemilik proyek. Bisa berupa instansi atau lembaga pemerintahan, badan usaha ataupun perorangan. Pekerjaan yang kontraktor lakukan ditulis dengan kontrak yang harus ditaati oleh kontraktor ataupun pihak owner.

Dari pengertian kontraktor dan konstruksi di atas, bisa diambil kesimpulan jika untuk membuat suatu bangunan, dibutuhkan kontraktor yang bisa menjalankannya. Sedangkan kontruksi adalah susunan dari bangunan seperti halnya rumah, jembatan serta jenis bangunan yang lainnya.

lihat juga 4 Tips Memilih Baja Ringan untuk Pengerjaan Bangunan

Hak dan Kewajiban Kontraktor

pengertian kontraktor dan kontruksi bandung

Setelah mengetahui pengertian kontraktor dan konstruksi, penting bagi Anda sebagai pemilik proyek ataupun kontraktor untuk mengetahui hak serta kewajiban dari seorang kontraktor. Adapun hak serta kewajibannya bagi seorang kontraktor antara lain adalah sebagai berikut:

  • Membuat gambar-gambar pelaksaan yang disahkan oleh pihak konsultan pengawas yang merupakan wakil dari pengguna jasa
  • Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan rencana, syarat-syarat, peraturan, risalah penjelasan pekerjaan dengan syarat-syarat tambahan yang sudah ditetapkan oleh owner
  • Membuatkan owner hasil laporan berupa laporan harian, mingguan ataupun bulanan sesuai dengan kebutuhan
  • Menyerahkan seluruh ataupun sebagian dari pekerjaan yang sudah diselesaikan sesuai dengan kontrak yang berlaku
  • Menyediakan alat keselamatan kerja seperti yang telah diwajibkan dalam aturan guna menjaga keselamatan pekerjaan sekaligus masyarakat

Dalam mendapatkan pekerjaannya, kontraktor bisa mendapatkannya melalui sistem lelang yang ia menangkan. Dalam hal ini klien akan memutuskan siapa yang berhak mendapatkan proyek sesuai dengan kualifikasinya. Ia juga bisa mendapatkan pekerjaan karena langsung ditunjung oleh owner atau pihak yang menggunakan jasa mereka.

Jenis-jenis Kontruksi yang Sering Ditemui

pengertian kontraktor dan kontruksi

Kontruksi memiliki jenis yang cukup beragam tergantung pada kebutuhan serta fungsinya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kontruksi teknik sipil ==> contoh proyek dalam lingkup kontruksi teknik sipil adalah pembangkit tenaga listrik, proyek rel kereta api, pembangkit listrik, pembuatan bendungan dan lain sebagainya. Pada proyek ini pemiliknya biasanya merupakan pemerintah entah dalam tingkat nasional ataupun daerah.
  • Proyek bangunan perumahan ==> selanjutnya adalah kontruksi berupa perumahan ataupun pemukiman. Proyek yang satu ini tentunya membutuhkan perencanaan yang matang dan baik agar bisa digunakan masyarakat yang berada di daerah tersebut.
  • Kontruksi bangunan gedung ==> kontruksi yang satu ini merupakan jenis kontruksi yang paling banyak dikerjakan. Jenis kontruksi ini biasanya menggunakan teknologi praktis hingga pertimbangan pada peraturan.

Kontruksi pada suatu negara memang sangat beragam. Bukan hanya untuk kepentingan pribadi saja, melainkan juga dibuat untuk kepentingan dari orang banyak. Pengertian kontraktor dan kontruksi sebaiknya dipahami terutama bagi orang yang berkecimpung dalam dunia pembangunan.

Bagi Anda yang membutuhkan konsultan kontruksi bangunan terpercaya dan ahli di bidangnya, Anda bisa segera berkunjung di wesbite kami adhyaksapersada.co.id. Kami mengutamakan keberhasilan dari proyek yang dijalankan sehingga bisa membuat klien merasa puas dari hasil kerja kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *