pengertian agrikultur

Pengertian Agrikultur, Sektor, dan Produk yang Dihasilkannya

Diposting pada

Pengertian agrikultur adalah proses dalam memproduksi makanan, serat berikut dengan jenis tanaman tertentu yang berkaitan dengan pertanian. Pengertian lainnya adalah suatu ilmu serta praktik dalam pertanian untuk menanam tanaman serta pemeliharaan hewan demi menghasilkan bahan makanan yang dibutuhkan oleh manusia.

Agrikultur sendiri merupakan salah satu cabang dalam ilmu biologi yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan secara maksimal.

Pengertian Agrikultur dan Sektor-sektor di Dalamnya

apa itu agrikultur

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengertian agrikultur adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh pangan dengan cara memanfaatkan sumber daya hayati. Pemanfaatan tersebut dilakukan agar kebutuhan hidup manusia bisa lebih tercukupi.

Di dalam agrikultur, terdapat beberapa sektor yang di dalamnya. Beberapa sektor yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tanaman pangan ==> ada banyak sekali tanaman pangan yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya adalah nasi yang berasal dari tumbuhan padi. Padi menjadi salah satu produk pertanian yang cukup besar dan banyak dibudidayakan dengan hasil yang cukup melimpah pada sekali panen.
  • Perkebunan ==> selanjutnya adalah sektor perkebunan yang bukan hanya mampu meningkatkan pendapatan dari pemilik kebun, namun juga negara. Indonesia sendiri telah menjadi negara pengekspor produk perkebunan mulai dari kelapa sawit, teh, coklat, kelapa dan juga laksana karet.
  • Kehutanan ==> ada juga sektor kehutanan yang berupa kayu untuk dimanfaatkan ke bidang pembangunan hingga pembuatan furniture. Meski demikian, produksi kayu sebaiknya dikendalikan dan tidak dilakukan secara berlebihan karena bisa menyebabkan terjadinya penggundulan hutan hingga punahnya alam.
  • Peternakan ==> di sektor peternakan, terdapat peternakan besar yang berupa kerbau, uyang, sapi, dan kuda. Sedangkan peternakan kecil bisa berupa bebek, ayam, dan jenis unggas yang lainnya. Dalam sektor peternakan, peternak juga bisa mendapatkan hasil ternak lain yang berupa telur dan susu.
  • Perikanan ==> sebagai negara maritim, Indonesia memiliki hasil laut yang sangat melimpah. Perikanan menjadi salah satu sektor agrikultur yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi, ikan ataupun produk laut lainnya merupakan bahan masakan yang seringkali digunakan.

Agrikultur terdiri dari beberapa sektor seperti yang telah disebutkan di atas. Keberadaan ragam sektor di atas, merupakan salah satu upaya yang dilakukan demi mencukupi kebutuhan manusia.

Buat anda yang ingin juga tenang agribisnis yang juga penting untuk anda ketahui dalam proses menerapkan agrikultur juga harus ada nilai bisnisnya juga

Produk-produk Dalam Agrikultur

produk agrikultur

Agrikultur memiliki hasil produk yang berbeda-beda tergantung pada sektornya. Berikut ini adalah ragam produk yang dimaksud:

  • Sektor perkebunan ==> ada kopi, karet, sawit, tebu, teh, coklat dan lain-lain. Produk tersebut adalah olahan dari perkebunan dan telah banyak dikomersialkan.
  • Kehutanan ==> dari sektor kehutanan, ada banyak produk yang dihasilkan seperti gaharu, kayu, madu, rotan, gondorukem, dan produk lainnya yang berasal dari hutan.
  • Tanaman pangan ==> beberapa tanaman yang menghasilkan pangan bagi masyarakat antara lain adalah padi, jagung, umbi-umbian, buah, sayuran, singkong, dan lain sebagainya.
  • Peternakan: untuk sektor peternakan, ada beberapa hasil peternakan dengan banyak sekali manfaat bagi manusia seperti halnya daging, telor, bulu hewan ternak, dan lain-lain.
  • Perikanan ==> sektor perikanan menghasilkan kerang, mutiara, udang, iklan berikut dengan jenis produk yang lain.

Ada banyak hasil pertanian, peternakan, dan kehutanan yang telah digunakan sesuai dengan kebutuhan. Seperti pengertian agrikultur diatas, kegiatan dalam agrikultur sendiri mencakup proses yang dilakukan dalam rangka pemanfaatan sumber daya hayati secara maksimal untuk pemenuhan kebutuhan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *