pengertian agribisnis

Pengertian Agribisnis dan Fungsi Dilam Dunia Usaha

Diposting pada

Pengertian agribisnis adalah bisnis berbasis pertanian yang meliputi produksi pertanian, industri pemasaran dan hasil olahan dari produk pertanian. Bagi yang hobi bercocok tanam, agribisnis bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam meningkatkan pendapatan sehari-hari. Peluang usaha agribisnis juga tergolong menjanjikan.

Pengertian Agribisnis dan Contoh Usaha Agribisnis

pengertian dan kegunaan agribisnis

Seperti yang telah dijelaskan, pengertian agribisnis adalah proses yang dilakukan dalam kegiatan pertanian sampai dengan pendistribusiannya. Ada banyak sekali peluang bisnis terkait dengan bisnis pertanian yang bisa Anda coba, seperti ragam bisnis yang berikut ini:

  • Sayuran organik ==> jika tertarik dengan peluang bisnis agribisnis, Anda bisa mulai dengan memahami pengertian agribisnis dan peluang usahanya dulu. Peluang usaha agribisnis sendiri cukup beragam, dimana salah satunya adalah budidaya sayur organik. Sayuran organik dianggap lebih sehat dibandingkan sayuran yang berpestisida.
  • Bercocok tanam padi ==> padi merupakan penghasil beras yang juga menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia. Karena menjadi komoditas yang penting, padi akan selalu dibutuhkan untuk keperluan konsumsi hingga diperjual belikan. Dalam sekali panen, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.
  • Menjual bibit tanaman ==> peluang usaha agribisnis yang selanjutnya adalah dengan menjual bibit tanaman. Namun, Anda memerlukan pengetahuan yang cukup agar bisa menghasilkan bibit unggul untuk dijual. Penjualan bibit unggul bisa dilakukan secara online menggunakan kemasan plastik dan dikirim ke alamat pemesan.
  • Budidaya jamur ==> Anda juga bisa membudidayakan jamur untuk kemudian diperjual belikan. Jamur merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya dijadikan sebagai bahan masakan, jamur juga sering dijadikan sebagai bahan camilan. Anda bisa membudidayakan jamur di kebun dan menjualnya secara mentah.
  • Buah organik ==> selanjutnya adalah menjual buah-buahan organik. Ada banyak jenis buah yang bisa dibudidayakan di kebun mulai dari buah naga, anggur, apel, dan jenis buah yang lainnya. Buah organik telah memiliki peminat yang cukup banyak dan dianggap lebih sehat untuk dikonsumsi.
  • Tanaman hias ==> ada juga tanaman hias dengan banyak sekali peminat. Tanaman hias, biasanya dicari oleh mereka yang ingin membuat huniannya nampak lebih cantik atau bisa juga digunakan sebagai pelengkap pesta ulang tahun dan lain-lain. Ada banyak tanaman hias yang bisa dijual seperti mawar, anggrek, dan kaktus.
  • Tanaman obat ==> Anda juga bisa membudidayakan tanaman obat sebagai komoditas agribisnis yang menjanjikan. Ada banyak tanaman obat yang bisa dibudidayakan mulai dari jahe, insulin, lidah buaya, jarak, dan mahkota dewa. Tanaman obat biasanya dipilih untuk mengobati beragam penyakit dengan efek samping yang minim.

Jika tertarik dengan ragam peluang agribisnis di atas, ada baiknya untuk mencari tahu jenis tanaman apa yang banyak dicari oleh masyarakat. Selain itu, pastikan Anda telah belajar bagaimana cara membudidayakannya dengan baik agar bisa panen secara melimpah dan membuat Anda untung.

untuk lebih mengenal penerapannya di masyaratakat anda juga bisa Kelebihan dan Jenis Diversifikasi Pertanian

Fungsi Agribisnis

pengertian agribisnis

Ada beberapa fungsi atau manfaat dari agribisnis yang akan didapatkan oleh para pelaku di dalamnya. beberapa fungsi yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Berguna dalam meningkatkan devisa negara
  • Mendukung keberhasilan pertanian
  • Meningkatkan pendapatan petani atau produsen
  • Meningkatkan penggunaan teknologi yang baru
  • Dapat digunakan untuk menekan biaya produksi
  • Memberikan nilai tambah untuk produk pertanian yang dihasilkan

Ada banyak sekali fungsi agribisnis yang bisa didapatkan. Anda bisa tentukan sendiri peluang bisnis mana yang cocok untuk dijalankan. Bisa di Kombinasikan Dengan Bisnis Pupuk organik dan yang lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *