negara agraris adalah

Pengertian Negara Agraris dan Apa Saja Kriterianya

Diposting pada

Negara agraris adalah keadaaan pada suatu negara dimana sebagian besar dari penduduknya menjadikan pertanian sebagai sumber pendapatan. Agraris juga bisa diartikan dengan tanah yang budidayakan. Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki banyak sekali petani aktif yang bercocok tanam dan menggantungkan pendapatan dari sektor tersebut.

Selain padi, masyarakat Indonesia juga membudidayakan ragam tanaman pangan yang lain. Sebagai negara agraris, Indonesia mampu menghasilkan banyak produk pangan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di dalamnya. Sebagian lagi diekspor.

Apa itu Pengertian Negara Agraris

negara agraris

Seperti yang telah disebutkan di atas, pengertian negara agraris adalah negara dengan penduduk yang banyak menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi negara agraris. Beberapa keuntungan yang dimaksud, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Membantu dalam mewujudkan terciptanya ketahanan pangan
  • Memiliki kontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan yang baru terutama dalam bidang pertanian dan juga perkebunan
  • Dapat menghindari krisis bahan pangan karena tidak perlu mengandalkan pasokan dari negara lain alias impor
  • Membantu dalam menciptakan ketahanan pangan dalam suatu negeri
  • Membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya mencintai hasil pangan yang diproduksi oleh negara sendiri
  • Membantu masyarakat supaya bisa meningkatkan kesejahteraan melalui sektor agraris

Negara agraris mampu menciptakan ketahanan pangan yang lebih baik karena tidak mengandalkan negara lain demi pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat di dalamnya.

Kriteria Negara Agraris

negara kreteria agraris

Ada beberapa kriteria kenapa sebuah negara disebut dengan negara agraris. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara agraris di Indonesia karena memiliki kriteria yang berikut ini:

  • Memiliki luas lahan untuk sektor pertanian yang besar
  • Memiliki hasil perkebunan dan pertanian yang melimpah, bahkan dijadikan sebagai komoditi dunia
  • Letak geografis yang membuat tumbuhan menjadi lebih subur sehingga bisa tumbuh dengan baik
  • Memiliki banyak penduduk yang mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber pendapatan.
  • Ada banyak program pemerintah yang menekankan mengenai sektor agraris

Selain Indonesia, masih banyak negara lainnya yang juga memiliki kriteria sebagai negara agraris. Beberapa negara tersebut bahkan, menjadi pemasok bahan pangan ke negara lain di dunia.

Negara Agraris di Dunia

negara agraris di dunia

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa negara lainnya yang termasuk negara agraris di dunia ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak berbagai negara agraris yang berikut ini:

  • Indonesia ==> Indonesia merupakan salah satu negara agraris dengan lokasi yang potensial dan cukup strategis. Ketersediaan produk pangan dan bahan makanan di negara kita sangat melimpah. Indonesia juga memiliki banyak sekali perkebunan dengan hasilnya yang diekspor ke berbagai negara di belahan dunia.
  • Australia ==> petani di Australia memutar otak agar dapat melakukan kegiatan pertanian di negaranya. Salah satu caranya adalah dengan membuat sistem irigasi serta pemberian pupuk pada jenis tanah yang tidak subur. Penduduk Australia juga dikenal dengan hasil peternakan sebagai usaha sampingan pertanian berupa daging dan susu.
  • Jepang ==> negara agraris yang selanjutnya adalah negara Jepang. Negara agraris yang satu ini memiliki hasil pertanian yang melimpah dengan memanfaatkan ragam teknologi canggih yang dimiliki. Teknologi pertanian canggih dari Jepang bahkan dikagumi oleh dunia.

Selain beberapa negara diatas, ada juga Thailand yang dianggap sebagai salah satu negara agraris lainnya di dunia. Hasil produk dari negara agraris bukan hanya dinikmati oleh negara sendiri, melainkan juga menjadi salah satu penambah pemasukan dari negara dengan cara diekspor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *