meningkatkan performa motor yang aman

Tips dan Cara Aman Untuk Meningkatkan Tenaga serta Kecepatan Sepeda Motor

Diposting pada

Meningkatkan performa motor berteknologi injeksi kesayangan anda bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari yang teraman hingga paling beresiko. Tentu saja bagi “penghobi” sepeda motor apapun pasti dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkannya. Tapi, sebelum melakukannya tentu saja anda harus mengerti sejauh mana manfaat hingga resiko kerusakan part dan mesin kedepannya.

Agar anda memahami bagaimana cara meningkatkan performa dan kecepatan dengan benar sebaiknya pahami mulai dari karakteristik motor kesayangan anda hingga apa saja yang akan dioptimalkan.

Performa dan Kecepatan Sepeda Motor Pabrikan Dibatasi

setingan performa motor pabrikan

Setiap pabrikan sepeda motor baik itu dari jepang (honda, yamaha, suzuki, kawasaki) hingga eropa (KTM, ducati, aprilia) melakukan penyetingan pada setiap unit motor yang diproduksinya. Alasan mereka melakukan penyetingan pabrikan diantaranya untuk :

  1. Menjaga keawetan sepeda motor => Dengan memasang batas dibawah kemampuan sebenarnya otomatis part mesin sepeda motor bekerja ringan sehingga tidak cepat aus, rusak dan jebol.
  2. Konsumsi bahan bakar => Setiap pabrikan menyadari bahwa sepeda motor yang dijualnya diperuntukan untuk kegiatan harian, bukan untuk balapan. Mereka berupaya melakukan settingan bahan bakar seirit mungkin tanpa mengorbankan performa yang tidak wajar (optimal)
  3. Faktor keamanan => Dengan membatasi kecepatan dari sepeda motor sudah pasti mengurangi resiko kecelakaan yang berujung kehilangan nyawa. Baik itu membahayakan anda sebagai “rider”, maupun orang lain.

Ada kesamaan tujuan dari settingan adalah agar nyaman digunakan untuk harian, karena motor yang mereka produksi tidak diperuntukan sebagai motor balap.

Setinggan Pabrik Setiap Jenis Sepeda Motor Tidak Sama

setingan pabrik sepeda motor

Banyak sekali jenis sepeda motor yang beredar di Indonesia dari tipe matic, bebek hingga sport dengan kubikasi mesin berbeda. Saya ambil sebagai contoh beberapa sepeda motor 150cc type sport.

  • Pada type berfairing (berbaju lengkap) contohnya suzuki GSXR 150, Honda CBR 150, Yamaha YZF R15.
  • Kemudian pada jenis naked bike ada yamaha (xabre, vixion, byson, mt 15), Honda (CB 150R, Verza 150), Suzuki.(GSXS 150, GSX bandit).

Melihat kedua jenis sepeda motor diatas ada perbedaan setingan yang mendasar terkait top speed dan torsi. Jika pada trek panjang sudah pasti yang berfairing unggul, tapi pada trek pendek-pendek pastilah kebalikannya. Jika anda mengadu kecepatan motor berfairing dengan naked di trek lurus dan panjang pasti unggul motor fairing, jika di trek panjang tapi setiap 100 meter di pasang polisi tidur, maka motor naked pasti unggul.

1. Torsi Merupakan Settingan Dominan Untuk Motor Naked

torsi sangat berperan di putaran mesin bawah saat motor anda melaju dari kondisi diam. Jika sebuah motor mampu melesat dari garis awal ke kecepatan tertentu dalam waktu singkat, bisa diartikan kendaraan tersebut memiliki torsi yang besar.

Nah, motor naked ini diperuntukan untuk penggunaan harian yang sangat membutuhkan “stop and go”. Torsi yang besar akan sangat berperan dan berguna pada kondisi jalanan umum, padat kendaraan. Pabrikan menyadari bahwa target pasar mereka adalah pengguna harian dimana setingan akan lebih mengutamakan torsi daripada top speed.

2. Power (HP) dan Top Speed Diperuntukan Untuk Sepeda Motor Berfairing

Berbeda dengan torsi, power (HP) di sebuah sepeda motor berperan untuk memperoleh kecepatan maksimal. Pada putaran atas umumnya sepeda motor yang memiliki HP yang besar akan mencapai top speed yang tinggi.

Sepeda motor berfairing umumnya di setting lebih mengutamakan hp dengan top speed tinggi, karena memang diperuntukan untuk itu. Dilihat dari desain yang umumnya mendukung aero dinamis, orang awam pun tau motor ini diperuntukan untuk kebut-kebutan.

Baik itu motor naked dan berfairing bisa di setting ulang dan dimodifikasi untuk merubah “takdir” yang sudah ditetapkan pabrikan dalam hal torsi dan powernya.

Setinggan Setiap Tipe Sepeda Motor Tidak Sama Bahkan Dalam Satu Pabrikan

setingan tipe motor pabrikan berbeda

Misalnya sesama motor fairing tapi beda pabrikan atau bahkan sesama motor naked dalam satu pabrikan pastinya settingan dari pabrik berbeda, bahkan untuk satu type motor beda taun produksi juga bisa berbeda (meskipun body, mesin dan tampilan 100% identik dan serupa).

Apa yang menyebabkan demikian? Jangan tanyakan ke saya dan lebih baiknya tanyakan saja ke pabrikannya (mudah-mudahan dijawab he…he…he…). Pastinya setiap pabrikan mempunyai alasan tersendiri untuk melakukan penyetingan semua produknya untuk alasan tertentu.

Bagaimanapun settingan pabrikan tidak bisa mencerminkan kemampuan sebenarnya dari sepeda motor. Kreatifitas dan ide anda boleh dituangkan untuk mendapatkan performa sepeda motor yang diinginkan. Selama motor anda masih standar pabrikan janganlah dibalapkan untuk membuktikan siapa yang terbaik, karena percuma, motor anda sudah dibatasi dari sononya, tapi kalo untuk fun bole lah.

Beberapa Metode yang Umum Digunakan Untuk Mendongkrak Performa Sepeda Motor

cara mendongkrak kecepatan motor

Sebagai rider, anda dan mereka umumnya menginginkan performa motor tunggangan (terutama motor injeksi), agar memiliki tarikan yang lebih “menjambak”, adanya peningkatan torsi bahkan top speed yang sangat baik juga responsif . Untuk itu anda bisa melakukan berbagai metode yang bisa dipilih, diantaranya menambah kubikasi mesin (bore up), mengganti ecu hingga merubah sistem pengapian.

1. Melakukan Bore Up Pada Mesin Sepeda Motor

Meningkatkan tenaga dan performa tunggangan sepeda motor cara bore up yaitu dengan memperbesar cc-nya. Caranya, dengan mengganti ukuran piston agar volume bahan bakar dan udara yang disemprotkan ke ruang bakar bertambah besar. Hasilnya pembakaran semakin sempurna dengan perbandingan rasio kompresi yang tinggi. Cara seperti itu dipilih banyak modifikator dan pemilik sepeda motor karena, selain praktis, ongkos yang harus dikeluarkan juga lebih murah.

Mengingat melakukan bore-up ini tidaklah mudah (membutuhkan perhitungan yang tepat) kebanyakan tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Selain tenaga tidak meningkat drastis, juga menyimpan potensi bahaya kerusakan mesin dan part motor. Selain itu sudah pasti motor anda akan jauh lebih rewel dari sebelumnya. Ini cara yang sangat tidak direkomendasikan baik oleh saya maupun pabrikan motor anda. Karena apa? manfaat yang anda dapatkan tidak sebanding dari resiko masalah yang anda hadapi nantinya.

2. Mengganti Ecu Standar Dengan Ecu Racing

ECU motor adalah part pada sepeda motor yang berfungsi mengatur beberapa fungsi dan fitur pada motor injeksi. Ada sebagian yang menganggap bahwa ECU (Engine Control Unit) sebagai jantungnya motor injeksi dan sebagian lagi menganggapnya sebagai otaknya motor injeksi.

Engine Control Unit (ECU) adalah alat control elektronik yang berfungsi untuk mengendalikan serangkaian actuator pada mesin pembakaran dalam, seperti ignition dan injection. Sebenarnya pengertian ECU ini sangat komplek jika dijabarkan, Sederhananya begini, “ECU merupakan otak dari suatu kendaraan yang berteknologi tinggi dan sudah di computerize”.

Selain sebagai fungsi control motor injeksi, ECU juga berfungsi sebagai alat protection system pada suatu kendaraan. Jika terdapat sesuatu yang hal yang aneh, maka sensor akan mengirimkan sinyal kepada ECU untuk mematikan seluruh sistem yang ada pada kendaraan tersebut.

Dengan mengganti ecu bawaan pabrik dengan ecu racing “after market” maka secara otomatis perintah operasi kendaraan (motor) anda berubah. Dengan re-maping (pengaturan) yang tepat limit kerja yang ditetapkan pabrikan mesin motor anda bisa diperbesar sehingga secara otomatis akan meningkatkan tenaganya.

Limit RPM yang tidak sesuai dengan apa yang ditetapkan pabrikan akan beresiko merusak mesin motor, namun hal ini sangat tergantung bagaimana anda memperlakukan motor anda.

Pelajari Tentang Ecu Speda Motor Disini

3. Metode Meningkatkan Performa Sepeda Motor Lainnya

Dua metode diatas (bore up dan mengganti ECU) merupakan hal yang sangat umum dan sering digunakan oleh rider dalam rangka meningkatkan performa dan tenaga mesin motornya. Namun tidak hanya terikat pada hal diatas saja untuk mendapatkan hasil lebih baik dari keadaan standar pabrikan. Misalnya mengganti knalpot racing, mengganti busi hingga memasang piggyback

Yang jelas apapun modifikasi sepeda motor untuk meningkatkan tenaga dan performanya haruslah aman dari resiko permasalahan nantinya. Apapun modifikasi yang anda lakukan pastinya memiliki resiko tersendiri yang besarnya tidak sama. Disini anda haruslah cerdas dan bijak memilih metode manakah yang teraman mengingat sepeda motor itu tidak bisa dikategorikan sebagai barang yang murah.

Cara Aman Meningkatkan Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Tenaganya

meningkatkan performa dan tenaga mesin motor yang aman

Kita berfikir rasional saja, contohnya sepeda motor anda bisa mencapai 100 km / jam pun sudah lebih dari cukup untuk penggunaan harian.

Baik anda dan umumnya kita bukan pembalap toh? Karena mereka “mati-matian” melakukan penyetingan mesin agar memenangkan balapan sehingga tidak masalah jika mesin rusak setelah balapan. Mereka lakukan itu agar naik podium, mendapatkan piala dan sejumlah uang yang bisa untuk membeli selusin motor baru.

Nah, kalau kita-kita untuk apa gila-gilaan mendapatkan performa motor seperti itu? Duit ga dapet, motor rusak, kalo sudah begitu siapa yang rugi?

Mempunyai hobi menunggangi sepeda motor tentunya sah-sah saja melakukan modifikasi untuk meningkatkan tenaganya, habis berapapun dijabani. Namanya juga hobi, orang lain saja yg hobi burung, bisa beli hingga ratusan juta hanya untuk seekor burung, kita mah ga habis pikir ya…karena bukan hobi kita. Selama hobi kita masih positif ya tidak mengapa. Beda halnya bagi yang hobi memikat janda, kerjaannya ngabisin duit buat jajan aneh-aneh…ya ga? (jangan tersinggung ya merasa he..he.., lebih baik segera bertobat deh dan riding bersama saya menikmati indahnya hidup, karena terpaan angin itu adalah kebebasan dari tekanan tanggungan hidup….).

No map can lead
You to your ultimate destiny
Only you really know that is the beauty of being free
Run faster than the wind
Aim farther than the sky
Discover a side of yourself you never knew
And all courage deep in your heart

Langkah 1 Mengganti Knalpot Standar dengan Knalpot Racing

knalpot racing meningkatkan hp motor

Selain mengeluarkan suara yang lebih garang dari knalpot standar pabrikan, knalpot racing juga akan merubah tampilan sepeda motor anda jadi lebih eye catching (tapi tergantung juga knalpotnya). Tapi tahukah anda kegunaan yang sebenarnya dicari adalah peningkatan tenaga sepeda motor.

Bukan sembarangan knalpot yang benar-benar mampu meningkatkan performa dan tarikan sebuah sepeda motor. Knalpot yang baik adalah hasil riset dan uji dari pabrikan mengenai performa juga pengaruhnya terhadap keawetan kendaraan. Pada struktur knalpot didalamnya terdapat sekat-sekat yang memiliki fungsi tertentu. Umumnya demikian jika memang knalpot risetan.

Apakah knalpot racing bisa benar-benar meningkatkan performa motor? Jika anda hanya merubah knalpot saja tanpa mempedulikan ubahan mesin atau di sistem pengapian pengaruhnya sangat kecil sekali, apalagi motor 4 tak. Tapi setidaknya bobot sepeda motor anda berkurang, coba saja bandingkan bobot / berat knalpot bawaan pabrik dan knalpot racing (after market) pasti jauh lebih ringan beberapa kg knalpot racing. Dan pengaruh bobot itu lumayan pada kecepatan motor. Selanjutnya anda bisa melakukan langkah ke 2, setting nilai Co.

Bagaimana dengan knalpot KW? mungkin juga ada yg diriset dalemannya, dan ada juga yang tidak (umumnya tidak). Knalpot seperti ini yang penting mengeluarkan suara bising, bahkan agar empuk suaranya ada juga yang dganjel alat sederhana misalnya busa. Jadi jangan sembarangan juga mengganti knalpot ya…

Baca Tentang Knalpot Motor Racing Anti Tilang Disini

Langkah 2 Merubah Setting Nilai Co

setting nilai Co bengkel resmi yamaha

Seting angka CO pada motor injeksi, terutama pabrikan Yamaha (karena motor yang dipakai saya adalah yamaha xabre) dari standart-nya di angka 0, namun setiap pabrikan tidak membatasi jika konsumennya ingin seting CO (di beberapa produk yang CO-nya bisa di seting). Jadi anggap saja umumnya seting CO bisa ditambah ataupun dikurangi

Melakukan setting ulang CO dilakukan untuk memenuhi asupan bahan bakar yang disuplay oleh injector, dan langkah ini terbilang tepat jika ada penggantian part layaknya kenalpot racing, atau freeflow dan sejenisnya.

Setting angka CO dilakukan sebenarnya tujuannya tidak lain adalah untuk menambah ataupun mengurangi jumlah suplay bahan bakar yang dilakukan oleh injector dengan kapasitas satuan cc. Rumusnya, disetiap setrip atau satu angka entah min atau plus nilainya adalah mengurangi atau menambah BBM dengan jumlah 0,05 cc.

Contoh pengaturan Co : Standar nilai CO pabrikan untuk motor baru adalah “0”. Jika angka CO kita naikkan tepat di angka “+1” (tambah satu strip) maka bahan bakar yang disuplay oleh injector akan bertambah 0,05 cc. Kebalikannya apabila angka saya turunkan satu setrip ‘-1” (min satu setrip) maka bahan bakar yang disemprotkan oleh injector akan dikurangi 0,05 cc. Lalu jika saya kasih +5, gimana dong?? Ya mudah saja..tinggal mengalikan saja, 0,05cc x 5 = ? Bisa dihitung oleh anda sendiri (itu pun kalo bisa ngitung). Kesimpulannya setting Co bisa dikatakan sebagai penambah dan pengurangan jatah BBM yang disuplay oleh injector.

Banyak yang melakukan seting CO dengan titik fokusnya bisa di tambah (+) atau sebaliknya, bisa dikurangi (-). Untuk urusan nilainya sendiri tergantung dari karakter engine (mesin) ketika memakai part after market yang ada, pasalnya seting CO enggak bisa dipatenkan dengan angka tetap. Misalkan motor ini cocoknya pakai setingan A, motor ini pakai B. Jadi anda sebaiknya melakukan seting Co di bengkel resmi karena akan stting akan dihitung menggunakan komputer dan alat peruntukannya dengan biaya antara Rp 20.000 sd Rp 30.000 saja.

Dan untuk sepeda motor xabre 2017 (tunggangan saya) disarankan oleh pak mekanik yamaha adalah +10, tapi jangan jadi patokan jika motor anda juga kebetulan xabre karena tidaklah sama dan sudah dijelaskan diatas. COba pergi ke beres (bengkel resmi) dan bicarakan dengan pak mekanik disana bahwa anda ingin setting nilai Co.

Setting nilai CO sebaiknya terakhir dari semua langkah pengoptimalan (ganti knalpot, ganti busi dan pasang kabel accent wire), karena akan disesuaikan oleh mekanik yang melakukan penyetingan ulang.

Langkah 3 Mengganti Busi Motor Dengan Brisk Premium

performa busi motor brisk ar10zs dan ar12zs

Hal ini pastinya tidak asing bagi anda bahwa busi memiliki peranan penting dalam sistem pengapian di kendaraan seperti sepeda motor. Fungsi busi yaitu untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan koil, menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang telah dikompresi.

Terdapat banyak jenis busi dipasaran dari busi standar bawaan pabrik, iridium, copper hingga silver (perak). Sebelumnya banyak yang beranggapan bahwa busi iridium yang terbaik. Ternyata masih ada busi yang tingkat nya 3x diatasnya busi iridium, yaitu busi dengan pengantar elektroda silver (perak). Seperti yang kita ketahui bahwa perak adalah penghantar listrik yang jauh lebih baik dari tembaga.

Sebut saja dengan inisial busi Brisk Premium ZS yang merupakan salah satu varian produk premium dari busi motor merek Brisk. Busi yang dibuat di Czech Republic ini di produksi dengan bahan dasar silver di electroda tengahnya, dan memiliki celah percikan yang special diujung businya dengan desain ujung busi yang mampu membuat percikan sebesar 3×360 derajat.

Silver merupakan material terbaik yang mampu menghantarkan panas dan listrik secara maksimal, oleh karena hal tersebut busi Brisk Premium ZS ini mampu menghasilkan percikan secara dinamis sebesar 3×360 yang mampu menghasilkan pengapian yang lebih maksimal dan konsisten, sehingga dapat menghasilkan laju kendaraan yang lebih maksimal.

Bisa anda perhatikan perbandingan pengapian dari berbagai busi berikut dan busi premium zs adalah yang paling kanan (terakhit).

Dengan pengapian seperti itu (pada video) maka kemungkinan telatnya pembakaran bensin sangat kecil sekali sehingga permasalahan seperti knalpot nembak-nembak akan teratasi. Urusan tenaga sudah pasti meningkat karena pembakarannya memang lebih sempurna dan optimal tanpa ada bensin yang lolos. Untuk masalah irit sudah pasti irit karena dengan menarik gas sedikit saja semua bensin yang disemprotkan terbakar sempurna. Kalo masalah irit dan boros tergantung anda memakainya bagaimana?…

jika untuk mencapai kecepatan tertentu anda “membetot” gas kencang-kencang maka tentu saja bensin di semburkan, jadinya boros (udah begitu tidak terbakar sempurna masih ada yg telat (nembak) ada juga yang lolos), jadinya kan terbuang dengan sia-sia. Namun karena busi anda sangat baik (pengapian seperti pada video) tidak di betot kencang-kencang pun sepeda motor anda sudah lari sedemikian kencangnya. Ya, karena optimal tadi itu, tidak ada yg terbuang, semua terbakar dan meledak (duarr).

Anda bisa membeli brisk premium zs ini dengan harga di kisaran 300 ribuan. Perlu anda catat sebelum membelinya anda harus tau dulu tipe / kode busi standar motor anda agar tidak salah beli. Contohnya pada motor saya yamaha xabre dengan kode busi CR9E sama seperti kode busi R15 dan R25 maka type busi yang dikirim adalah AR10ZS bukan AR12ZS atau lainnya. Namun beda untuk vixion dengan kode businya adalah CR8E.

Langkah 4 Memasang Kabel Accent Wire (kabel Setan, Jurig, Jin, Apalah Itu…)

kabel setan accent wire biru dan hitam

Accent Wire merupakan sebuah produk kabel pendongkrak performa yang diproduksi oleh Tekno Tuner Indonesia. Cara kerjanya memaksimalkan fungsi koil motor dan membuat api di ruang mesin lebih besar. Setrum lebih teratur masuk ke dalam koil. Menurutnya performa motor bisa naik 1 hingga 

Sebenarnya kabel ini banyak menuai pro dan kontra, banyak yang memberikan testimoni postif dan tidak sedikit juga yang memberikan testimoni negatif. Sebagian merasakan performa sepeda motornya dan sebagian lagi merasakan tidak ada perubahan sisanya merasa ada kenaikan tapi hanya sugesti (kurang yakin).

Banyak juga yang pengujian mengenai kabel accent wire (kabel setan) yang diklaim pembuatnya mampu menaikan performa sepeda motor dari 1 hingga 4 HP. Namun tetap saja komentarnya tetap pro dan kontra. Sebenarnya tidak jelek juga menggunakan kabel ini, terlebih hasil penemuan anak bangsa, masih saudara kita juga.

Kabel yang telah banyak terjual sejak diluncurkan akhir Februari 2018 kini sedang mengadakan Research dan Development (R&D) bareng bersama produsen busi asal Republik Ceko, Brisk.

Pada video diatas bisa disimpulkan, Accent Wire memiliki pengaruh pada motor dan dapat meningkatkan akselerasi sehingga motor menjadi lebih bertenaga saat digunakan. Terlebih lagi kabel ini mengadakan riset dan development dengan busi brisk yang digunakan pada langkah ke 3.

Untuk mendapatkan performa terbaik setidaknya anda harus memasang dua jenis kabel accentwire :

1. Kabel yang terpasang pada koil

Berbicara tentang harga, kabel ini memiliki dua varian, reguler dan performance. Untuk kabel accent wire reguler berwarna biru dihargai sekitar 100 ribu, sedangkan yang performance (hitam) harganya mendekati 300 ribuan. Untuk hasil maksimal ya gunakan seperti apa yang saya pakai, kabel accent wire hitam (performance).

2. Accentwire Negatif dari Aki ke busi

Kabel keluaran terbaru AccentWire Negatif yang dihargai sekitar 200 ribuan ini berfungsi untuk meningkatkan arus negatif dari aki atau accu ke busi atau pengapian. “Kabel ini akan mempertepat sistem pengapian di ruang bakar dari sebelumnya yang tertahan. Bisa dibilang ini makanan bergizinya mesin, sehingga mesin lebih sehat. Jika sehat, mesin juga jadi optimal.

Adapun cara memasangnya adalah satu skun atau connector (yang berwarna biru) dipasang ke kutub negatif di aki. Sedangkan satu skun lainnya (yang berwarna kuning) dipasangkan di baut yang posisinya sedekat mungkin dengan busi.

4 Langkah Diatas Mampu Menaikan Performa Sepeda Motor

4 langkah meningkatkan performa dan tarikan motor

Manfaat dari cara meningkatkan performa dan tenaga sepeda motor yang aman sesuai 4 langkah diatas sudah dilakukan dan terasa sekali manfaatnya (Ke 4 langkah pengoptimalan yang saya lakukan diatas adalah saling berhubungan dan bukan pilihan).

Sepeda motor yang saya tunggangi adalah yamaha xabre tahun 2017 dengan oli yamalube super sport serta semua setingan dan pemasangan dilakukan di bengkel resmi yamaha (kecuali pemasangan knalpot). Setiap hari melewati satu jalanan panjang lurus dengan kemiringan (menanjak) diatas 30 drajat hingga 40 drajat, Jarak tempuh sekitar 1 KM dengan panjang tanjakan dan turunan anggap saja masing-masing 400 – 500 meter, pengujian hanya 300-400 meteran saja sampai akhir tanjakan. 

  • Sebelum menggunakan 4 metode / langkah diatas untuk mencapai akhir tanjakan (500 meter) hanya 89 hingga 92 km/jam saja. Setelah menggunakannya maka terasa tenaga berbeda, putaran atas tetap mantap tarikannya hingga mencapai 103 sd 110 km/jam dalam jarak 300-400 meteran menanjak 30 derajat lebih. 
  • Pada jalanan terdapat polisi tidur, yang sebelumnya harus memindahkan / menggunakan gigi 2 atau terkadang (lumayan sering) gigi 1. Sekarang menggunakan gigi 3 kadang 2 dan hampir tidak pernah menggunakan gigi 1, enak sekali ngimbangin matic-matic.
  • Perbedaan selanjutnya ketika menarik grip gas terasa sekali motor seperti liar, berbeda dengan sebelumnya yang agak kalem di putaran atas.
  • Hampir tidak ada istilah knalpot nembak-nembak.

Untuk top speed sendiri saya rasa tidak akan banyak perubahan karena memang motor standar dibatasi oleh pabrikan, sesuai setingan mereka pada motor tertentu. Hanya saja yang berubah adalah akselerasinya, berapa detik mampu meraih kecepatan maksimal pabrikannya.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakar? Pastinya ada peningkatan, namun tidak begitu terasa karena ini semua sangat tergantung bagaimana anda memakainya. Nilai Co memang diperbesar tapi pembakaran di optimalkan yang artinya satu sisi pengaruhnya negatif terhadap bahan bakar, namun sisi lainnya berpengaruh positif.

6 thoughts on “Tips dan Cara Aman Untuk Meningkatkan Tenaga serta Kecepatan Sepeda Motor

    1. Saya bisa menjelaskan sedetail itu karena memang riset sendiri, …saya bukan profesor atau doktor, hanya penghoby riding doang….salam gas pol bre…terima kasih sudah membaca dan berkunjung…^^

  1. Wah makasih ya
    Logis banget sih
    Masuk akal
    Ane udh
    Ganti Knalpot
    Busi Premium Brisk
    Kurang Kabel Accent Wire & Negative
    Terus Setting CO
    Plus coil racing ultraspeed ok ga?

    Ane pake yamaha R25 gan

    Thank you

    Salam Gas Poll

    1. Salam gas poll juga bre….udah cukup itu bre…motor r25 tanpa diapa2in pun udah kenceng…tp sebagai sesama rider kita tahu, bukan kecepatan yg dicari tp kepuasan….

    1. Asal dilakukan dengan benar dan ada alasannya… Saya sudah melakukannya dengan alasan dengan sistem pengapian seperti itu tidak ada bahan bakar yang lolos… dan memang terbukti malah jadi bersih…. Tapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan produsennya… ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *