Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh - 4 Manfaat Positif Puasa Bagi Kesehatan

4 Manfaat Positif Puasa Bagi Kesehatan

Diposting pada

Bulan ramadhan merupakan bulan paling ditunggu umat Islam. Umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa dan tentunya menahan lapar serta haus dari mulai waktu Subuh hingga Magrib. Puasa merupakan suatu ibadah yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan meski tubuh tidak mengonsumsi makan dan minum. Lalu, apa sajakah manfaat berpuasa?

Ketenangan hati dan pikiran

manfaat bulan puasa

Bagi Umat Muslim, bulan puasa dimanfaatkan betul sebagai masa untuk memohon ampunan dan meningkatkan ketakwaan dalam beribadah. karena perintah puasa di bulan ramadhan merupakan perintah agar umat islam bertakwa. Secara spiritual, umat muslim mendapat ketenangan dengan solat, pengendalian diri dengan membaca alquran dan berbagi dengan orang yang kurang mampu melalui zakat, infaq dan sodaqoh. hal ini menjadikan ketenangan hati dan pikiran .

seperti pada surat al-fath ayat 4.

“Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”

Puasa Meningkatkan Lemak Darah

manfaat puasa

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1997, di Annals of Nutrition Metabolism, menunjukkan bahwa puasa menurunkan kolesterol jahat LDL 8 persen, trigliserida 30 persen dan meningkatkan LDL 14.3 persen yang bisa melindungi jantung dari penyakit kardiovaskular.

Kemudian, banyak orang yang memilih makanan sehat seperti kurma, kacang-kacangan atau masakan rumahan yang tentunya memberi dampak baik untuk kesehatan.

Mengurangi ketergantungan

manfaat puasa

Bulan Ramadan mengajarkan kita untuk mengurangi ketergantungan dalam segala bidang seperti rokok, kopi, dll.

Puasa mengajarkan cara pengendalian diri seharian penuh, dan Anda akan menyadari bahwa berhenti dari ketagihan sambil puasa tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Puasa Menurunkan Berat Badan

bulan puasa

Jumlah konsumsi kalori secara keseluruhan akan menurun saat memasuki bulan Ramadan. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika kita berlebihan mengonsumsi makanan manis. Untuk itulah, semua kaum Muslim dianjurkan untuk berpuasa karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *