knalpot racing anti tilang

Knalpot 3Tech Racing Evolution Tridente F19 Tiga Mode Suara

Diposting pada

Knalpot racing anti tilang benarkah ada? Bagi anda yang menginginkan motornya tambah garang pastinya terpikir untuk mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Setidaknya ada beberapa alasan untuk mengganti knalpot standar pabrikan dengan knalpot racing.

  • Menjadikan suara motor lebih garang
  • Meningkatkan performa, kecepatan dan tarikan motor
  • Merubah tampilan motor agar jadi lebih “eye catching”.

Dengan alasan inilah banyak rider, mungkin salah satunya termasuk anda berfikir ke arah demikian. Jawabannya ada di knalpot buatan 3tech racing evolution yang saya bahas di artikel ini, mungkin bisa menjawab kebutuhan hasrat dan keinginan anda.

Produk knalpot hasil riset 3tech sudah diuji bertahun-tahun diklaim aman untuk keawetan mesin ini sudah didaftarkan (hak paten) di HKI.

Jenis Produk Knalpot Buatan 3Tech

knalpot 3tech racing evolution

3Tech Racing Evolution sebenarnya tidak hanya mengeluarkan satu produk saja, namun terdiri dari line-up knalpot untuk berbagai jenis tipe sepeda motor (matic, bebek, sport hingga moge). Diantaranya :

  • Tridente F18
  • Tridente F19
  • Ronin Katana
  • Tridente F22
  • Spartan GP 3
  • Spartan R 3
  • Ronin Katana SE

Dari semua produk 3tech diatas yang akan saya bahas disini adalah tridente f19 dengan alasan paling banyak digunakan oleh rider tanah air.

Apa Keunikan Knalpot Tridente dengan Knalpot Racing Lainnya?

knalpot racing anti tilang tridente

Jawabannya dari suara yang bisa diatur. Terdapat 3 mode suara yang bisa anda atur sesuai keinginan dengan hanya memutar tuas (biasanya) ditempel pada stang. jika anda mau menempelkannya di helm juga tidak apa2 (serah lu dah …motor punya lu ini…)

  • Racing Mode => Umumnya sama dengan knalpot racing lainnya alias bikin budek.
  • Street Mode => Tidak terlalu bising dan tidak terlalu senyap.
  • Silent Mode => Suara knalpot yang hampir mendekati knalpot standar.

Dari ketiga suara diatas tentu saja berpengaruh terhadap Torsi dan HP. Semakin dibuka “kebisingannya”, maka meningkatlah torsi dan hpnya. Ya memang fungsi knalpot racing ya begitu, free flow yang artinya meniadakan hambatan-hambatan dan tahanan yang terdapat pada knalpot standar.

Peraturan Terkait Tingkat Kebisingan Knalpot

peraturan dan tilang knalpot racing

Sering sekali muncul pertanyaan apakah aman menggunakan knalpot racing yang suaranya tidak terlalu bising? Terkait dengan hal ini sebenarnya sudah ada undang-undang yang mengatur hal ini yaitu apsal 285 ayat 1 yang berbunyi :

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Kemudian aturan mengenai knalpot ditentukan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009 Tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Untuk motor 80cc – 175cc maksimal bising 83 dB dan di atas 175cc maksimal bising 80 dB.

Dengan demikian berarti jelas ya, tingkat kebisingan knalpot motor anda jangan sampai melampaui ambang batas db yang telah ditentukan.

Apakah Tridente (Silent Mode) Knalpot Racing Anti Tilang Polisi?

knalpot racing ditilang polisi

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa knalpot ini mempunyai 3 mede suara yang bisa anda ubah sesuai keinginan. Jika anda menggunakan street mode apalagi racing mode sudah pasti anda kena tilang aparat yang bertugas dijalan. Alasannya sederhana, karena bising bikin budek orang (ridernya juga pasti budek).

Namun untuk silent mode nya apakah akan menjamin lolos dari tangkapan aparat petugas? Jawabannya sama sekali tidak ada jaminan kearah sana. Hal ini dikarenakan silent mode dari tridente ini masih lebih bising dari knalpot standar.

Banyak review atau pengguna tridente yang mengujinya menggunakan Aplikasi android db meter (pengukur desible suara) yang bisa juga anda unduh di playstore. Hasilnya memang dibawah 83 db dari aturan ambang batas aturan kebisingan.

Jika anda diberhentikan petugas dan yang dipermasalahkan adalah suara knalpot motor anda, maka anda akan mempertahankannya dengan alasan suaranya masih dibawah ambang batas kebisingan. Lalu apa yang akan anda perbuat?

  • Apakah anda akan memperlihatkan hasil test menggunakan aplikasi android ke petugas? Tentu saja petugas tidak akan menerimanya karena aplikasi tersebut tidak resmi ditunjuk oleh pemerintah dan kepolisian sebagai alat rujukan pengukuran ambang batas kebisingan.
  • Apakah anda akan menyalahkan polisi karena tidak membawa “peralatan perang” berupa desibel meter bahkan menyuruhnya untuk balik ke kantor dan membawanya? Anda sehat? Perlengkapan dan peralatan tersebut tidak dianggarkan negara untuk mempersenjatai para petugas di jalanan.

Desibel (DB) Killer Benar-benar Bisa Membuat Knalpot Anda Lolos Tilang

db killer knalpot tridente

Sebenarnya ada empat cara agar knalpot racing anda lolos tilang dari aparat petugas kepolisian. Diantaranya :

  1. Cukup gendong di punggung saja jangan di pasang pada motor
  2. Boleh dipasang tapi jangan menghidupkan mesin motor (dorong saja motornya)
  3. Pasang pada motor dan gunakan pada tempatnya (sirkuit balapan)
  4. Pasang DB killer hingga suaranya sama dengan knalpot standar.

Yang paling mendekati saya bahas pada artikel sekaligus review knalpot racing anti tilang ini adalah pemasangan DB killer. Selain memproduksi knalpot tiga suara 3Tech Racing Evolution juga sebenarnya mempersiapkan db killer sebagai part tambahan pada produk mereka yang bisa anda beli terpisah.

3 Metode Pemasangan DB Killer

Dengan menggunakan db killer dan memasangnya pada knalpot tidak menjamin motor anda aman dari polisi, selama suaranya masih dianggap bising (patokannya bukan db killer, tapi suara ya, jangan merasa benar hanya karena memasang db killer jika petugas mempermasalahkannya) Setidaknya ada tiga cara pemasangan db killer pada knalpot tridente f19 untuk mengurangi secara signifikan suara kebisingan dari knalpot motor anda.

  1. Pemasangan pada sambungan leheran dan silincer knalpot => Meskipun suaranya jauh berkurang daripada tidak memakai db killer, namun silent modenya masih sedikit diatas knalpot standar. Akan tetapi kelebihannya ada di racing mode yang menurut saya jauh lebih baik daripada tidak memakai db killer (menurut saya loh ya).
  2. Pemasangan pada ujung knalpot => suara dari silent mode dibawah sedikit jika dibandingkan knalpot standar, namun kekurangannya ada di racing mode, untuk saya kurang enak di dengar.
  3. Pemasangan 2 db killer di leheran dan di ujung knalpot => Suara tingkat kebisingannya jauh dibawah knalpot standar, dan racing mode nya tidak terdengar seperti knalpot racing.

Untuk saya pribadi menggunakan db killer dengn metode pertama, yaitu memasangnya pada sambungan dan leheran knalpot. Sejauh ini selalu lolos dari pemberhentian petugas karena memang lebih suka menggunakan silent mode. Hal ini dikarenakan alasan saya yang paling kuat mengganti knalpot bawaan pabrikan dengan knalpot ini hanya untuk tampilannya saja dikarenakan tidak begitu menyukai knalpot bawaan pabrikan. Hanya pada saat tertentu saja saya menggunakan racing mode, misalnya pada jalanan lurus yang sepi dalam rangka menguji motor dan awal bulan (u know what i mean lah ya….hehe…).

Jika memang petugas melihat knalpot motor anda tidak standar, tapi suaranya setara knalpot standar bahkan lebih senyap. Apanya yang mau ditilang?

Untuk tenaga dan performa motor pastinya berbanding lurus dengan sejauh mana anda memasang pembungkam suara pada knalpot. Untuk itulah silahkan gunakan dan manfaatkan db killer ini agar hasrat anda terpenuhi tapi tidak membuat bising dan mengganggu kenyamanan orang lain dijalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *