Diversifikasi dalam bercocoktanam

Kelebihan dan Jenis Diversifikasi Pertanian

Diposting pada

Apa itu diversifikasi pertanian? Diversifikasi adalah pengalokasian sumber daya pertanian ke dalam bentuk aktivitas yang bisa memberi keuntungan secara ekonomi. Diversifikasi pertanian bisa dilakukan pada satu lahan dengan cara menanam beberapa jenis tumbuhan di dalamnya. Dengan demikian keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak.

Diversifikasi merupakan cara yang dianggap mampu menjawab tantangan di masa kini, apalagi dengan perubahan iklim yang kian tidak menentu. Dengan adanya diversifikasi pertanian, variasi produksi akan mampu menyelamatkan petani karena bisa menyesuaikan tanaman dengan iklim yang sedang berlangsung.

Keuntungan Melakukan Diversifikasi Pertanian

Diversifikasi Pertanian

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh para petani dengan melakukan diversifikasi. Beberapa keuntungan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Untuk mengurangi risiko hama: dengan adanya diversifikasi pertanian, pengurangan hama juga bisa dilakukan. Hama umumnya menyerang jenis tanaman tertentu. Namun dengan tanaman yang beragam, maka saat satu tanaman diserang oleh hama maka tanaman yang lain bisa lebih aman. Dengan demikian, petani tetap bisa panen.
  • Mengurangi ketergantungan pada satu jenis tanaman: kelebihan melakukan diversifikasi yang selanjutnya adalah untuk mengurangi ketergantungan pada satu tanaman. Saat harga cabai sedang jatuh, petani bisa mengandalkan pemasukan dari jenis tanaman lain yang memiliki harga tinggi.
  • Meningkatkan ketahanan pangan: diversifikasi pertanian juga bisa digunakan dalam meningkatkan ketahanan pangan. Dengan adanya teknik yang satu ini, suplai makanan tertentu bisa lebih banyak, sehingga ketahanan pangan bisa lebih dijaga.
  • Membuat tanah terjaga kesuburannya: diversifikasi juga bisa membuat kesuburan tanah tetap terjaga. Tanaman tertentu membutuhkan zat hara yang khusus. Dengan adanya diversifikasi pertanian serta rotasi pada jenis tanaman, maka lahan akan diberi kesempatan dalam mengembalikan kesuburannya.
  • Menambah penghasilan petani: melakukan diversifikasi pertanian juga bisa menaikkan jumlah penghasilan para petani. Petani bisa menanam tanaman sesuai dengan musim sehingga pendapatan bisa terus didapatkan. Dengan demikian, kesejahteraan juga bisa lebih meningkat.
  • Mendapatkan peluang baru: dengan adanya diversifikasi, petani juga akan mendapatkan peluang baru terkait dengan pendapatan mereka. Anda juga bisa mempelajari ilmu baru terkait dengan jenis tanaman baru atau teknik pertanian baru yang Anda lakukan.

Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan melakukan diversifikasi. Selain membuat tanah terjaga kesuburannya, namun juga bagus untuk petani karena meningkat penghasilannya.

Contoh Diversifikasi Pertanian

cara Diversifikasi Pertanian

Salah satu alasan kenapetani melakukan diversifikasi adalah untuk mengimbangi pemenuhan kebutuhan pokok dimasyarakat. Selain menguntungkan masyarakat karena kebutuhannya terpenuhi, petani juga akan mendapatkan untung dari hasil bertani.

  • Tumpang sari: diversifikasi bisa dilakukan dengan cara menanam beberapa jenis tumbuhan pada lahan yang sama. Sebagai contoh, Anda bisa menanam tanaman kedelai, cabai atau bahkan tomat secara bersamaan pada satu lahan.
  • Lahan pertanian dengan basis hutan: selanjutnya adalah dengan melakukannya pada lahan yang luas dan tentunya pilih yang masih produktif. Akan lebih baik jika Anda menanam jenis tanaman yang berbeda-beda agar keseimbangan bisa terjadi. Selain itu, pastikan untuk tidak merusak alam dengan menggunduli pohon pelindung.
  • Pergantian jenis tanaman: diversifikasi juga bisa dilakukan dengan melakukan pergantian jenis tanaman. Dalam hal ini, pergantian jenis tanaman bisa dilakukan untuk mengimbangi kebutuhan akan makanan pokok.

Ada beberapa bentuk diversifikasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Diversifikasi sendiri memiliki banyak sekali manfaat bukan hanya petani, namun juga masyarakat secara luas untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka. Jadi tidak heran jika diversifikasi pertanian banyak dipilih dan dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *