Apa itu truk dan jenisnya di Indonesia - 8 Kategori Truk di Indonesia yang Sering Terlihat Beroprasi di Jalanan

8 Kategori Truk di Indonesia yang Sering Terlihat Beroprasi di Jalanan

Diposting pada

Apa itu truk dan jenisnya merupakan informasi penting terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan kendaraan angkut dan transportasi berkapasitas besar. Pengertian jenis kendaraan ini secara umum adalah sebagai sebuah kendaraan bermotor untuk mengangkut barang. Anda bisa menyebutnya sebagai mobil atau truk barang.

Jenis truk biasanya dibedakan dari jumlah sumbunya. Sumbu truk sendiri adalah penggunaan sumbu pada truk yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk pemasangan roda. Semakin banyak jumlah sumbunya, maka jumlah roda yang terpasang juga semakin banyak.

1. Jenis Truk Colt Diesel Engkel

jenis truk cold diesel engkel

Jenis truk memang beragam. Salah satunya adalah jenis kendaraan truk colt diesel engkel yang populer dipakai sebagai angkutan barang. Kendaraan yang satu ini memiliki 2 jumlah sumbu dan dengan 4 jumlah roda yang cocok untuk melakukan pengiriman barang berat. Jenis truk yang satu ini juga seringkali disebut dengan truk engkel dengan beban maksimalnya yang mencapai 2 ton.

Truk Colt Diesel Engkel sendiri cukup sering dijumpai di jalan raya dan sering juga disebut sebagai truk CDE. Dengan ukurannya yang kecil, truk ini juga bisa digunakan untuk masuk gang-gang sempit seperti halnya mobil pada umumnya.

2. Jenis Truk Colt Diesel Double

jenis truk cold diesel double

Truk yang satu ini memiliki jumlah roda 6 dan dengan jumlah sumbunya 2. Jenis truk yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis truk engkel. Kelebihan dari jenis truk ini adalah mampu membawa muatan yang lebih banyak dan bisa dilakukan modifikasi.

Colt Diesel Double atau biasa disebut CDD memiliki kapasitas angkut berkisar 4 ton meski dengan ukuran yang termasuk kecil. Untuk angkutan barang berkapasitas besar, truk ini sangat direkomendasikan.

3. Jenis dan Kategori Fuso

jenis truk fuso

Jenis truk yang satu ini memiliki kapasitas yang cukup besar dan hampir mirip dengan jenis truk CDD (Colt Diesel Double). Truk Fuso sendiri menjadi jenis truk yang diproduksi oleh produsen Mitsubishi dan memiliki fokus dalam penyediaan kendaraan bisnis dan niaga untuk kelas light hingga yang medium.

Meski dianggap sebagai sebagai jenis truk yang kecil, namun nyatanya truk yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk mengangkut beban yang berat sekalipun. Adapun kapasitas yang mampu diangkut oleh truk Fuso adalah mencapai 7 ton.

4. Jenis Truk Tronton dengan 10 Roda

jenis truk tronton 10 roda

Selanjutnya adalah jenis tronton dengan 3 jumlah sumbu dan rodanya yang mencapai 10. Truk ini memiliki konfigurasi roda yakni 2 – 4 – 4. Kendaraan ini bisa digunakan untuk membawa sampai dengan 30 kubikasi dan cukup populer di antara para pebisnis. Jenis truk tronton juga mampu membawa barang yang cukup banyak.

Tronton sangat cocok digunakan bagi mereka yang bekerja dalam proses pengiriman barang dalam jumlah yang besar. Adapun jumlah maksimal yang bisa dibawa oleh jenis truk yang satu ini adalah 10 ton. Perusahaan ekspedisi adalah contoh golongan yang membutuhkan adanya kendaraan ini agar bisnis tetap berjalan lancar.

Dengan daya angkut yang besar, maka tidak heran jika harga dari truk tronton tidak bisa dikatakan murah. Truk ini juga menjadi salah satu jenis truk yang populer yang digunakan di Indonesia.

5. Jenis Truk Wingbox untuk Angkutan Barang

jenis truk wingbox

Jenis truk yang selanjutnya adalah truk Wingbox yang memiliki bentuk kendaraan dimana sisi kanan, kiri, dan juga belakangnya bisa dibuka secara menyeluruh. Wingbox ada yang dibuat dengan 2 sumbu dan juga 3 sumbu. Adapun berat atau kapasitas muatan dari jenis truk yang satu ini cukup bervariasi.

Dengan bagian sisi yang bisa dibuka, maka tidak heran jika proses pengangkutan barang menggunakan truk wingbox memakan waktu yang lebih singkat. Hal ini dikarenakan barang yang akan diangkut bisa dimasukkan dari tiap sisi yang terbuka. Adapun kapasitas yang bisa diangut dari jenis truk yang satu ini adalah bervariasi tergantung pada jenis yang digunakan.

6. Jenis Truk Pick Up dengan 4 dan 6 Roda

jenis truk pickup

Jenis truk yang satu ini memiliki 2 sumbu dan dengan 4 hingga 6 roda. Truk ini juga dianggap sebagai truk dengan ukuran yang paling kecil. Truk Pick up seringkali dijadikan sebagai truk yang digunakan untuk mengangkut barang untuk keperluan pindahan dari suatu daerah menuju ke daerah yang lain.

Truk pick up sendiri bisa mengangkut sekitar 1,5 sampai dengan 2 ton, bahkn 4 ton dan biasa digunakan untuk keperluan personal seperti yang telah disebutkan di atas. Dengan manfaat yang satu ini, tidak heran jika truk Pick up menjadi salah satu jenis truk yang banyak digunakan dan ditemui di sepanjang jalan.

Dari semua jenis truk yang ada, bisa dikatakan bahwa pick up memiliki harga yang paling murah. Hal ini terkait dengan ukurannya yang lebih kecil dan juga kapasitas angkutnya yang sangat minim.

Akan tetapi, truk ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai angkutan. Tak sedikit juga jasa pindahan rumah yang memanfaatkannya sebagai alat angkut.

7. Jenis Truk Trailer dengan 16 hingga 26 Roda

jenis truk trailer

Ada juga truk trailer dengan daya angkut yang kuat. Hal ini tidak lepas dari produksi truk trailer yang memang digunakan untuk mengirimkan alat ataupun jenis kendaraan berat. Jenis truk yang satu ini memiliki banyak tipe mulai dari flatbed, box, hingga lowbed.

Jumlah ban yang dimiliki oleh truk yang satu ini adalah 16 buah dan maksimalnya berjumlah 26 buah. Kendaran ini juga seringkali ditemukan di jalan raya dan tengah mengangkut jenis kendaraan yang lain di atasnya. Truk trailer dikategorikan sebagai truk kelas berat.

8. Jenis Truk Container untuk Penyimpanan Barang Berkapasitas Besar

jenis truk container

Selanjutnya adalah jenis truk container yang bisa digunakan untuk menyimpan barang dengan ukuran yang besar. Jenis container sendiri ada 3 yakni container 40 feet, container 20 feet, dan yang berjenis high cube. Container tidak memiliki roda ataupun mesin, sehingga harus menyewa armada trailer saat menggunakannya.

Jenis truk container juga dikenal dengan sebutan peti kemas dan sengaja dibuat dalam ukuran besar. Kelebihan dari jenis truk yang satu ini adalah keamanannya yang lebih terjaga. Penggunaan truk container juga mempermudah kegiatan bongkar muat.

Beragam jenis truk di atas tentunya memiliki kelebihan dan juga kegunaannya masing-masing. Daya angkut yang ditawarkan juga berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan dulu dengan kebutuhan sebelum menggunakannya.

Apa itu truk dan jenisnya sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kegiatan sehari-hari manusia. Apalagi dengan muatannya yang bisa mencakup banyak barang, tidak heran jika kendaraan satu ini populer untuk digunakan. Truk bisa dijadikan sebagai solusi kendaraan angkut terutama oleh Anda yang memiliki bisnis dalam urusan produksi dan yang lainnya.

Jika Anda tertarik dengan pembelian truk, secara cash dan kredit bisa langsung menghubungi dealer resmi Mitsubishi Fuso Bandung. Ada beragam jenis kendaraan yang berupa truk untuk dipilih. Tersedia juga beragam jenis mobil dengan pembelian cash atau bisa juga dengan kredit. Proses pembelian juga mudah dan proses yang cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *