apa itu geoteknik

Apa itu Ilmu Geoteknik dan Perannya dalam Pembangunan

Diposting pada

Apa itu ilmu Geoteknik? Geoteknik merupakan cabang ilmu yang dipelajari di jurusan teknik sipil. Ada beberapa pembahasan menarik yang bisa ditemukan di cabang ilmu ini mulai dari masalah kekuatan tanah, batuan hingga hubungannya dengan kemampuan dalam menahan berat dari bangunan yang ada di atasnya.

Ilmu Geoteknik sendiri merupakan langkah awal dari terbentuknya suatu bangunan atau infrastruktur. Tanpa adanya ilmu ini, maka bangunan mustahil bisa berdiri dengan kokoh.

Dengan adanya cabang ilmu Geoteknik, pembangunan dalam negeri bisa direncanakan secara lebih baik dan tentunya mengupas juga tentang kemampuan tanah dalam menahan suatu beban di atasnya.

Apa itu Ilmu Geoteknik dan Cabang Ilmunya

geoteknik jurusan

Setelah membahas apa itu ilmu Geoteknik, penting juga bagi Anda untuk mengetahui cabang ilmunya. Berikut ini adalah beberapa cabang ilmu dalam Geoteknik yang tentunya penting bagi Anda yang mengambil jurusan teknik sipil.

  • Mekanika batuan ==> cabang ilmu yang pertama adalah mekanika batuan yang merupakan ilmu teoritis sekaligus ilmu terapan dari perilaku mekanik batuan serta massa batuan. Dalam ilmu geologi, mekanika batuan merupakan cabang mekanika yang membahas tentang respon batuan serta massa batuan terhadap medan gaya.
  • Teknik pondasi ==> ada juga teknik pondasi yang membahas mengenai struktur hingga bentuk dan lainnya. Dalam suatu proses pembangunan, Anda tentu tak bisa langsung mendirikan bangunan di atasnya, melainkan harus ada pondasinya terlebih dahulu. Semakin kuat pondasinya, maka semakin awet juga bangunan yang berdiri di atasnya.
  • Mekanika tanah ==> selanjutnya adalah mekanika tanah yang mempelajari mengenai perilaku tanah berikut dengan sifat yang terjadi karena tegangan serta regangan yang dapat terbentuk oleh gaya. Ilmu ini juga memiliki hubungan yang cukup erat dengan pekerjaan teknik seperti halnya pembuatan jalan raya dan pembangunan bawah tanah.
  • Struktur bawah tanah dan batuan ==> mengetahui struktur bawah tanah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pengetahuan mengenai struktur ini akan sangat berguna untuk pembangunan underground space, terowongan, bendungan serta untuk jenis pembangunan yang lain.

Dengan banyaknya ilmu yang dipelajari di atas, Geoteknik menjadi salah satu cabang ilmu yang penting untuk dipelajari dan tentunya dipraktekkan pada suatu pembangunan. Apalagi, jika Anda menginginkan bangunan yang kokoh serta mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama.

baca juga Mengenal PT adhyaksa Persada Indonesia Sebagai Perusahaan Jasa Konsultasi Konstruksi Terbaik

Peram Penting Geoteknik dalam Pembangunan

peran geoteknik pada proyek

Setelah mengetahui apa itu Geoteknik, penting juga bagi Anda untuk mengetahui perannya dalam dunia pembangunan. Geoteknik sendiri merupakan langkah awal terbentuknya suatu bangunan. Karena mustahil tanpa adanya ilmu ini, suatu bangunan bisa berdiri dengan kokoh dan kuat.

Geoteknik juga mempelajari tentang kemampuan tanah dalam menahan suatu bangunan. Apalagi, Indonesia merupakan sebuah negara yang cukup sering terjadi gempa bumi. Tanpa adanya ilmu Geoteknik yang tepat, maka bangunan bisa saja mudah roboh akibat kurangnya perhitungan.

Dalam hal ini, keberadaan seorang ahli geoteknik pada pembangunan akan sangat dibutuhkan. Ia akan mencari tahu dimana lokasi yang tepat untuk menentukan lokasi pembangunan dengan mempelajari kondisi tanahnya.

Jika kondisi dari tanah telah diketahui, maka pembangunan juga akan semakin mudah untuk dilakukan. Dengan banyaknya kelebihan di atas, tidak heran jika Geoteknik dianggap sebgai salah satu ilmu yang memiliki peran besar dalam suatu pembangunan. Keberadaan seorang ahli teknik tentu dibutuhkan dalam suatu perusahaan kontruksi.

Selain mempelajari mengenai apa itu Geoteknik dan lingkup pembelajarannya, mereka yang mengambil jurusan teknik sipil juga belajar mengenai seluk beluk ilmu pembangunan yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *