Definisi Arsitek dan Tips Memilih Arsitek Berkualitas - Definisi Arsitek dan Tips Memilih Arsitek Berkualitas

Definisi Arsitek dan Tips Memilih Arsitek Berkualitas

Diposting pada

Apa itu arsitek menjadi salah satu hal yang seringkali ditanyakan terkait dengan pembangunan kontruksi. Jasa ini dibutuhkan banyak orang. Beberapa diantaranya adalah perusahaan arsitek swasta, organisasi industri besar badan-badan sektor publik, dan juga perusahaan kontruksi publik.

Apa itu Arsitek dan Tugasnya

apa itu arsitek

Arsitek sendiri adalah seorang yang  ahli dalam bidang ilmu arsitektur yang juga mampu melakukan perancangan bangunan hingga sebagai ahli lingkungan binaan. Secara singkat, arsitek bisa diartikan sebagai perancang bangunan.

Selain memahami definisi arsitek, tidak ada salahnya untuk memahami ragam tugas yang dimiliki oleh arsitek. Adapun beberapa tugas arsitek antara lain adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tugas dan tanggung jawab dalam memainkan bagian proyek serta tim manajemen
  • Menciptakan desain bangunan serta gambar yang terperinci baik dengan tangan ataupun dengan menggunakan komputer
  • Bekerja sama dengan tim profesional lain seperti halnya manajer kontruksi, insinyur bangunan, serta surveyor kuantitas, berikut dengan teknologi arsitektur
  • Menulis serta menyajikan laporan, proposal, dan juga aplikasi serta kontak
  • Memiliki tugas dalam membuat perencanaan bangunan, mengenali dampak lingkungannya, dan memperkirakan berapa dana yang akan dihabiskan
  • Memiliki tugas dalam memastikan proyek agar bisa berjalan sesuai dengan anggaran dan juga jadwal yang telah dibuat
  • Memilih material yang aka digunakan serta menetapkan persyaratan untuk proyek yang dijalankan

Semakin bagus dan berkualitas kemampuan dari arsitek yang bersangkutan, maka semakin tinggi juga potensi untuk mendapatkan kontruksi yang baik.

Tips Memilih Arsitek yang Berkualitas

apa itu pekerjaan arsitek

Setelah tahu definisi arsitek dan ingin menggunakan jasanya, Anda sebaiknya tidak asal pilih arsitek secara sembarangan. Karena jika dilakukan sembarangan, maka hasil pekerjaan juga belum tentu bagus dan maksimal.

Adapun beberapa pertimbangan yang harus Anda perhitungkan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Memiliki alamat yang jelas => Kejelasan kantor dan alamat menjadi pertimbangan yang tidak boleh diabaikan. Dengan alamat yang jelas, Anda juga bisa langsung berkunjung ke lokasi arsitek untuk melakukan konsultasi atau saat ada pekerjaan dari mereka yang bermasalah. Alhasil, mereka bisa bertanggung jawab secara langsung.
  • Bagaimana responnya => Penting juga untuk mengetahui bagaimana respon mereka terhadap klien. Pastikan jika jasa yang hendak diinginkan, melakukan respon dengan baik dan cepat. Mereka yang profesional, bisa dilihat dari cepat tidaknya membalas pesan. Jika memang respon lambat, ada baiknya untuk mempertimbangkan arsitek lain.
  • Tanyakan cara kerja dan upahnya => Penting juga untuk menanyakan cara kerja berikut degan upah kerjanya. Tiap arsitek tentu memiliki gaya pengerjaan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Tanyakan secara detail termasuk soal pembayarannya nanti. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan kinerja mereka kedepannya.
  • Lihat portofolionya => Anda juga sebaiknya memperhatikan bagaiman portofolio yang mereka miliki. Jasa yang baik tentu memberikan contoh atau portofolio mengenai proyek yang sudah mereka kerjakan. Semakin berkualitas portofolionya maka semakin tinggi juga potensi Anda mendapatkan bangunan yang berkualitas dari arsitek terkait.
  • Teliti dengan baik karakter desain => Setiap jasa arsitek memiliki cara pengerjaan dan karakter desain yang berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda bisa mencari tahu karakter desain arsitek yang dirasa paling menarik dan tentunya cocok dengan desain yang Anda harapkan. Hal ini dilakukan agar hasil akhirnya sesuai dengan keinginan.

Memahami apa itu arsitek dan tips memilih arsitek yang berkualitas penting diketahui bagi Anda yang ingin mendirikan suatu bangunan. Bukan hanya untuk rumah, arsitek juga bisa menciptakan bangunan impian Anda layaknya pabrik, ruko, restoran hingga hotel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *